7 Tips Sehat untuk Ibu Hamil dengan Skoliosis

Kondisi Ibu Hamil dengan Skoliosis

Infotangerang.id- Kondisi tulang belakang melengkung ke samping, biasanya berbentuk huruf C atau S disebut Skoliosis. Skoliosis lebih rentan terjadi pada perempuan dibandingkan laki-laki dan hal ini membuat kaum hawa khawatir saat menghadapi kehamilan.

Konsultan Tulang Belakang Eka Hospital BSD, Dr. dr. Phedy, SpOY (K) Spine, mengungkapkan, skoliosis tidaklah berpengaruh negatif pada kondisi kehamilan dan janin.

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2011 berjudul Does pregnancy increase curve progression in women with scoliosis treated without surgery? Ditemukan bahwa kehamilan berkali-kali tidak akan memperparah lengkungan skoliosis.

Jika ibu ingin melahirkan secara vaginal pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dan dokter kandungan akan membantu menyiapkan proses persalinan yang paling ideal berdasarkan derajat kelengkungan tulang belakang, riwayat operasi tulang belakang, dan juga tingkat kenyamanan.

Screenshot 2024 06 09 161458

Tips sehat untuk ibu hamil dengan skoliosis

Ibu hamil dengan skoliosis juga akan mengalami nyeri punggung bawah. Terlebih jika lengkungan tulang belakang cukup parah akan merasakan beban berat akibat kehamilan. Namun ada ada beberapa cara mengurangi nyeri skoliosis pada ibu hamil, yaitu:

  • Kurangi berdiri

Bila punggung belakang terasa nyeri, segeralah duduk. Hal ini akan mengurangi tekanan pada punggung belakang dan juga kaki.

  • Pertahankan berat badan ideal

Seiring berjalannya masa hamil, janin juga akan semakin berat. Dengan menjaga berat badan ideal, tubuh tidak akan mendapatkan beban tambahan.

  • Berendam air hangat

Berendam air hangat dapat mengurangi rasa nyeri pada punggung belakang. Selain itu meminta suami Anda untuk mengusap punggung belakang bisa menjadi cara yang baik untuk mengurangi rasa nyeri.

  • Hindari membawa beban berat

Membawa beban berat dapat meningkatkan beban pada tulang belakang Anda.

  • Gunakan postur yang benar

Menggunakan postur yang benar saat duduk dan berdiri dapat mengurangi nyeri dan beban pada tulang belakang.

  • Olahraga teratur

Olahraga seperti jalan santai dan juga berenang dapat membantu menguatkan otot punggung Anda dalam menahan beban.

  • Konsultasikan kondisi Anda pada dokter spesialis tulang

Agar kekhawatiran ibu menghilang, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis tulang. Dokter akan membantu mengatasi masalah skoliosis, sehingga proses kehamilan dan melahirkan semakin lancar.

Untuk mendapatkan penanganan terbaik, Gatam Institute Eka Hospital yang dilengkapi dengan peralatan canggih dan mutakhir untuk kasus tulang belakang. Eka Hospital telah melakukan operasi skoliosis sebanyak 400 kali dalam waktu 2,5 tahun dengan tingkat keberhasilan 100 persen.

Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan teknologi robot navigasi mutakhir yang dapat membantu dokter mengoperasi tulang belakang dengan lebih presisi. Selain prosedur operasi lebih cepat, cara ini membantu pasien sembuh lebih cepat.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife