9 Hari Lagi Sebelum Penutupan UM-PTKIN 2024, Ayok Segera Daftar!

Foto : Kemenag RI

Infotangerang.id– Hanya sembilan hari lagi sebelum pendaftaran untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2024 ditutup.

Pendaftaran akan resmi ditutup pada Sabtu, 15 Juni 2024, sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Seleksi untuk UM-PTKIN 2024 akan dilakukan melalui ujian online menggunakan Sistem Seleksi Elektronik (SSE), yang akan diadakan secara bersama-sama.

UM-PTKIN sendiri adalah proses seleksi yang diadakan di tingkat nasional oleh semua perguruan tinggi di bawah Kementerian Agama RI, termasuk UIN, IAIN, dan STAIN.

UM-PTKIN ini sebenarnya sudah dibuka sejak Rabu, 17 April lalu dan akn di tutup pada 15 Juni mendatang.

Melansir dari lama Kementerian Agama, Nyayu Khodijah, Ketua Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2024, menyatakan bahwa seleksi UM-PTKIN terbuka bagi siswa yang berasal dari satuan pendidikan seperti MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS atau yang setara, yang lulus pada tahun 2022, 2023, dan 2024.

Lulusan tahun 2022 dan 2023 diharuskan memiliki ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) untuk mengikuti seleksi.

Namun, bagi lulusan tahun 2024, cukup memiliki salah satu dari SKL, pengumuman lulus, KTP, atau kartu siswa untuk memenuhi persyaratan pendaftaran.

Jadwal UM-PTKIN 2024

Berikut adalah jadwal pelaksanaan UM-PTKIN 2024 yang dilansir dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia:

1. Tahap Pendaftaran/Pembayaran: Dimulai dari tanggal 17 April 2024 pukul 08.00 WIB hingga tanggal 15 Juni 2024 pukul 15.00 WIB.

2. Tahap Finalisasi Pendaftaran: Dimulai dari tanggal 17 April 2024 pukul 08.00 WIB hingga tanggal 19 Juni 2024 pukul 15.00 WIB.

3. Cetak Kartu Peserta Ujian SSE UM-PTKIN: Tersedia mulai tanggal 21 April 2024 pukul 08.00 WIB.

4. Pelaksanaan Ujian SSE UM-PTKIN: Berlangsung dari tanggal 24 Juni hingga 30 Juni 2024.

Jadwal pelaksanaan ujian akan tercantum dalam Kartu Peserta Ujian dan dilakukan di PTKIN/PTN Titik Lokasi Ujian yang dipilih oleh peserta.

5. Pengumuman Hasil: Akan diumumkan pada tanggal 8 Juli 2024.

Nyayu Khadijah menjelaskan bahwa peserta UM-PTKIN diberikan opsi untuk memilih tiga program studi pada PTKIN/PTN dan titik lokasi ujian.

Peserta dianggap telah selesai mendaftar setelah menyelesaikan tahap finalisasi dan mencetak kartu peserta ujian.

Ketentuan Umum UM-PTKIN 2024

Berikut adalah ringkasan ketentuan pendaftaran untuk Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2024:

1. Peserta harus merupakan siswa dari satuan pendidikan seperti MA/MAK/SMA/SMK/SPM/PDF/PKPPS atau yang setara, dengan angkatan kelulusan 2022, 2023, atau 2024.

2. Peserta yang lulus pada tahun 2022 dan 2023 harus memiliki ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL).

Sedangkan peserta lulusan tahun 2024 harus memiliki salah satu dari SKL, pengumuman kelulusan, Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau kartu siswa.

3. Setiap peserta harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), email aktif, nomor WhatsApp yang aktif, dan dapat dihubungi.

4. Pendaftaran dilakukan secara mandiri melalui situs resmi UM-PTKIN di https://um.ptkin.ac.id.

5. Biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu, namun biaya tambahan akan dikenakan jika transaksi dilakukan melalui bank selain Bank Mandiri.

6. Peserta memilih maksimal 3 prodi pada PTKIN atau PTN.

7. Peserta memilih PTKIN atau PTN lokasi ujian.

8. Pendaftaran dinyatakan selesai jika peserta sudah melakukan finalisasi pendaftaran

Cara Pendaftaran UM-PTKIN 2024

Langkah-langkah untuk mendaftar pada Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2024:

1. Daftarkan akun UM-PTKIN. Pilih opsi “Daftar” jika memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) tetapi belum memiliki akun SPAN-PTKIN.

Setelah mendaftar, username dan password akan dikirimkan melalui email yang Anda cantumkan saat mendaftar akun UM-PTKIN.

2. Masuk dengan mengklik “Login” dan gunakan username/NISN serta password yang telah diberikan.

3. Isi biodata secara online melalui situs web https://um.ptkin.ac.id/ atau menggunakan aplikasi mobile Android UM-PTKIN 2024 sampai Anda menerima invoice beserta nomor virtual account, serta informasi mengenai jumlah yang harus dibayarkan dan cara pembayarannya.

4. Lakukan pembayaran melalui saluran pembayaran Bank Mandiri atau yang lainnya.

5. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran. Harap dicatat bahwa biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan atas alasan apapun.

6. Lanjutkan proses pendaftaran online di https://um.ptkin.ac.id/ atau melalui aplikasi mobile Android UM-PTKIN 2024 dengan memeriksa status pembayaran, kemudian pilih program studi dan lokasi ujian PTKIN/PTN, dan terakhir cetak kartu peserta ujian.

7. Ikuti ujian Seleksi Sistematis & Elektif (SSE) UM-PTKIN di lokasi ujian yang telah ditentukan oleh PTKIN atau PTN.

Pastikan untuk selalu memeriksa informasi terbaru dan resmi dari UM-PTKIN terkait dengan proses pendaftaran tahun 2024.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife