INFOTANGERANG.ID- Huruf ‘K’ merupakan huruf yang dijadikan singkatan untuk ribu, yang sering dijumpai pada banderol harga.

Misalnya, saat membeli sesuatu terdapat banderol harga 15k, yang memiliki arti Rp15.000.

Namun penggunaan huruf ‘K’ yang dijadikan singkatan untuk ribu sering kali dipertanyakan oleh orang-orang mengapa menggunakan huruf ‘K’.

Mengapa bukan ‘R’ atau ‘P’ yang digunakan untuk pengganti ribu? Berikut penjelasannya.

Mengapa Huruf ‘K’ Jadi Singakatan untuk Ribu?

Melansir dari CNBC, satuan ‘K’ memiliki kepanjangan kilo, yang merupakan unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d’unités).

Kebanyak orang Indonesia mengenal kilometer sebagai satuan jarak, serta kilogram sebagai satuan berat.

Dalam tingkatan, kata kilo berarti 1.000, seperti dalam 1.000 gram atau 1.000 meter, itulah sebabnya ‘K’ sering digunakan untuk menggantikan ‘ribu’.

Kata kilo sendiri berasal dari bahasa Yunani “chilioi,” yang mengacu pada sesuatu yang banyak atau dalam jumlah besar.

Sebenarany, penggunaan simbol ‘K’ untuk mewakili ribuan sudah berlangsung sejak setidaknya pertengahan 1940-an.

Sebuah buku teks berjudul Basic Electrical Engineering yang diterbitkan oleh McGraw-Hill pada tahun 1945, mencantumkan ‘K’ sebagai singkatan untuk ribu dalam glosariumnya.

Dua tahun kemudian, perusahaan elektronik Radio Corporation of America (RCA) juga menggunakan ‘K’ dalam glosariumnya yang berjudul Common Words in Radio, Television, & Electronics.

Penggunaan Huruf ‘K’ dalam Uang

Sebenarnya penggunaan huruf ‘K’ juga sering dibarengi dengan penggunaan istilah IDR, seperti misalnya harga yang dijual IDR 50K.

IDR sendiri merupakan singakatan dari kata “Indonesian Rupiah” atau “Rupiah Indonesia”.

Kode singkatan IDR merupakan kode resmi mata uang Indonesia menurut ISO 4217.

Itu sebabnya jika menemukan label harga bertuliskan IDR 50K, itu berarti harganya sebesar Rp50.000.

Namun perlu diingat bahwa terkadang penggunaan huruf “K” dalam label, tidak mencantumkan nama mata uang seperti IDR atau USD.

Hal ini berarti arti ‘K’ dalam label tersebut biasanya mengacu pada ketentuan mata uang yang berlaku di masing-masing negara.

Jadi misalnya resto jepang yang berjualan di Indonesia membanderol seporsi sushi seharga 30K, itu berarti harga sushi tersebut dijual dengan harga Rp30.000.

Penggunaan Huruf ‘K’ dalam Teknologi

Penggunaan huruf ‘K’ ternyata tidak hanya digunakan dalam mata uang saja, melainkan juga digunakan dalam istilah teknologi.

Seperti misalnya huruf ‘K’ yang digunakan untuk menunjukan resolusi pada gambar, contohnya 2k dan 4K yang berarti resolusi 2.560 x 1.440 dan 3.840 x 2.160 dalam satuan pixel.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Iis Suryani
Editor
Iis Suryani
Reporter