Direncanakan Menjadi Tempat Pemulangan, Pembangunan Asrama Haji di Cipondoh Belum Rampung

Asrama haji di Cipondoh belum rampung

Infotangerang.id – Asrama Haji Grand El Hajj yang berada di Cipondoh, Kota Tangerang, direncanakan menjadi tempat pemulangan jemaah haji tahun 2024, namun pembangunan Asrama Haji di Cipondoh belum rampung.

Sebagai informasi, Asrama Haji tersebut akan menampung sebanyak 1.762 calon jemaah haji asal Kota Tangerang maupun jemaah lain asal Provinsi Banten.

Saat kami mendatangi Asrama Haji Cipondoh pada Senin, 13 Mei 2024, hanya ada petugas sekuriti dan beberapa petugas kebersihan yang sedang melaksanakan piket di Asrama Haji Cipondoh.

Asrama Haji Cipondoh memiliki dua gedung. Adapun gedung I terlihat sudah rampung, namun gedung II masih belum rampung sepenuhnya.

“Kalau gedung I memang sudah selesai pembangunan dan ini paling ada sekitar 20 lebih unit kamarnya. Kalau gedung II belum selesai pembangunannya,” ungkap petugas sekuriti bernama Naseri, Senin, 13 Mei 2024.

Namun menurutnya, tidak ada persiapan khusus di Asrama Haji Cipondoh ini.

“Tidak ada persiapan-persiapan di sini, karena memang gedung ini masih perawatan dan belum rampung banget,” ujarnya.

Terlebih, akses jalan menuju asrama ini tampak tidak rata, belum sepenuhnya teraspal, bergelombang, bahkan berlumpur.

“Listrik dan air juga belum bisa beroperasi,” ungkapnya.

Tahun 2023 lalu, asrama ini dijadikan sebagai tempat pemulangan para jemaah. Namun, para jemaah saat itu tidak menginap, melainkan hanya transit atau menunggu penjemputan dari keluarga mereka.

“Tahun kemarin memang di sini ada pemulangan, tapi cuma langsung dijemput saja sama keluarganya. Enggak menginap,” tuturnya.