Bali dan Singapura Jadi Rute Penerbangan Favorit Liburan Nataru Tahun Ini

Ilustrasi Bandar Udara Internasional Ngurah Rai (DPS), Bali. (Foto Unsplash.com/David Dwipayana)

Infotangerang.id – Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana menyebutkan bahwa daerah Denpasar, Bali menjadi rute favorit penumpang penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) selama masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

“Tidak menutup kemungkinan ada arus penumpang yang berangkat dengan adanya  liburan sekolah, sehingga rute Denpasar, Bali jadi mix dari libur ibadah Natal dan Tahun Baru,” kata Dwi di Tangerang, Rabu (21/12/2022).

Ia mengatakan, selain Bali terdapat juga tiga daerah jadi tujuan favorit pergerakan penumpang di Bandara diantaranya seperti Seri Langit di Siborong-borong, Makassar dan Medan, Sumatera Utara.

Kemudian, lanjut dia, untuk pergerakan yang banyak dikunjungi penumpang melalui penerbangan internasional terhadap rute favorit saat libur akhir tahun antara lain adalah Singapura dan Thailand.

“Sementara tujuan luar negeri yaitu Singapura dan Thailand juga favorit pergerakan penumpang,” ujarnya.

Ia menyebutkan, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soetta pada libur Nataru 2023 ini dinilai akan mengalami peningkatan sebesar 80 persen dan jumlah pergerakan pesawat naik 48 persen apabila dibandingkan dengan pergerakan di masa libur tahun 2021.

Hingga sampai saat ini, kata dia, pergerakan penumpang di Bandar Udara Soetta Tangerang telah terdata sudah lebih dari 130.000 penumpang, dan itu pun jika dibandingkan angka rata-rata per harinya mengalami peningkatan.

“Saat ini sekira 130 ribu pergerakan penumpang per hari rata-ratanya. Angka itu ukup tinggi bila dibandingkan dengan tahun lalu,” tuturnya.

Dengan terjadinya peningkatan pergerakan penumpang tersebut, maka AP II telah melakukan penambahan sejumlah fasilitas di Bandara Soetta diantaranya seperti alat penunjang protokol kesehatan COVID-19, fasilitas kenyamanan penumpang hingga fasilitas keselamatan penerbangan. (AZM/ASN)