Cerita “Pilot” Odong-odong di Ciputat: Dulu Dibuli, Sekarang Penghasilannya Jutaan Perbulan

Infotangerang.id – Sosok driver odong-odong bernama Aji Jambul di Kota Tangerang Selatan tengah jadi sorotan.

Aji disorot lantaran memakai seragam pilot, sehingga dia dijuluki Pilot Odong-odong. Lalu, bagaimana perjalanan Aji hingga jadi Pilot Odong-odong?

Kepada tangselife.com, pemilik nama lengkap Muhamad Amdari itu bilang sudah jadi driver sejak 9 tahun lalu. Dia terpaksa jadi driver odong-odong setelah di pecat jadi kurir delivery order dan montir bengkel.

Odong-odong dari mobil Aji Jambul pilih lantaran saat itu masih jarang, kebanyakan adanya odong-odong motor. Tapi odong-odong yang dia pakai saat itu belum sekeren sekarang, begitu juga pakaiannya, masih seadanya tanpa seragam.

“Saat itu saya narik odong-odong sambil ajak anak-anak saya sama istri. Itung-itung nyari rejeki sambil nyenengin anak. Dulu belum ada ciri khas, masih pakai kaos oblon celana, compang-camping dah,” kata Aji, Kamis (18/1/2023).

Bertahun-tahun, Aji tekuni sebagai driver odong-odong dengan penampilan biasa. Pada 2022 lalu, Aji kemudian plus odong-odongnya berevolusi.

Odong-odong yang dikendarai didandani sedemikian rupa, penampilan Aji saat narik pun ikut divermak. Akhirnya, seragam pilot pun dipilih Aji. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan.

Selaian karena mengikuti tren kekinian yang unik-unik, bapak enam anak itu mengaku, alasannya memilih seragam pilot lantaran ingin mewujudkan mimpinya saat kecil ingin menjadi pilot.

Aksi berseragam pilot itu pun sudah dia mulai sejak 6 bulan terakhir. Dan secara tidak langsung, Aji Jambul jadi pelopor driver odong-odong berseragam, rapih anti kumel.

“Cita-cita dulu pengen jadi pilot udara, tapi karena nasib berkata lain akhirnya saya jadi pilot di darat,” katanya berseloroh.

Popularitasnya sebagai pilot odong-odong mulai menanjak saat dilibatkan dalam kegiatan 17 Agustusan dikelurahan. Aji yang biasa narik di sekitar Jombang-Sawah Baru Ciputat mendadak dipakai jadi ‘kendaraan dinas’ Kelurahan Sawah Baru saat parade 17 Agustusan.

Setelah itu, Aji kemudian semakin percaya diri dengan pekerjaanya dan seragam profesi impiannya. Dia mulai membagikan aktivitasnya di akun-akun media sosial miliknya.

Tak lama, dia mendadak diajak terlibat dalam konten milik YouTuber Ata Halilintar. Sosok Aji Jambul kemudian makin dikenal orang lebih luas.

Menurutnya, berkat penampilannya yang nyentrik itu Aji Jambul mulai merasakan berkahnya. Dari pendapatan, Aji mengantongi omzet hingga Rp9 juta dalam satu bulan.

Omzet itu, dia bagi untuk sewa odong-odong yang dipakai dan keperluan lainnya. Sisanya, dia bawa pulang untuk mencukupi kebutuhan istri dan anak-anaknya.

Berkah lainnya, Aji Jambul yang makin tenar membuat istri dan anak-anaknya kini jadi bangga. Padahal sebelum tenar seperti saat ini, istri dan anak-anaknya minder karena penilaian tetangga.

“Omongan nggak enak pasti ada aja yang diterima istri dan anak saya. Di sekolah anak saya dikatain katanya anak tukang odong-odong, sampe rumah dia nangis-nangis,” katanya mengingat momen pilu.

Tapi, lain dulu lain sekarang. Kini, istri dan anaknya itu mulai merasa bangga. Meski ada omongan miring soal profesi Aji, tapi tak dihiraukan. Pasalnya, selain tenar, pendapatan Aji juga meningkat berkali lipat dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sekarang alhamdulillah, tanggapan masyarakat sekitar positif. Mereka bangga dan temen-temennya yang enggak percaya liat di YouTube di warnet deket rumah. Anak saya sekarang bangga,” ungkapnya haru.

Kini, Ari Jambul si Pilot Odong-odong itu makin eksis. Tarif odong-odong miliknya pun naik berada di kisaran Rp5-10 ribuan. Lain lagi dengan carteran undangan dan lainnya, sekali tarik bisa Rp300 ribuan.

Setiap harinya, jadwal Ari Jambul narik odong-odong itu mulai dari jam 9.00-12.00 WIB, lanjut lagi sore 15.30 – 18.00 WIB. Untuk malam dari jam 19.00-lelah dah. (VYH/ASN)