Danau Hutan Kota Puspemkab Tangerang Dipenuhi Sampah

Infotangerang.id – Objek danau hutan Kota Tigaraksa di Kawasan Pusat Pemerintahan Kabupaten (Puspemkab) Tangerang, Banten dipenuhi sampah setelah digunakan sebagai tempat perlombaan memancing pada peringatan May Day 2023.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah tumpukan sampah itu terlihat berserakan di genangan danau dan tepi danau tersebut.

Selain itu, tumpukan sampah yang terkesan jorok dan menimbulkan aroma bau busuk ini juga terjadi di beberapa titik di Kawasan Hutan Kota Tigaraksa. Yang mana, lokasinya langsung berdekatan dengan kantor Bupati Tangerang.

Salah seorang warga bernama Somad (39) mengatakan, bahwa semenjak digelar kegiatan perlombaan memancing pada Sabtu (06/05) lalu, sampah tersebut sudah berserakan dan tidak diangkut  seluruhnya oleh petugas kebersihan setempat.

“Tumpukan sampah ini ada sejak perlombaan mancing kemarin. Petugas kebersihan yang biasa belum terlihat melakukan pembersihan atau mengangkut sampai bersih,” kata Somad di Tangerang, Selasa (09/05/2023).

Dia mengaku, dengan kondisi yang terjadi saat ini sangat mengganggu pemandangan serta kenyamanan warga dan juga dikhawatirkan akan menimbulkan pencemaran lingkungan setempat.

“Dimana, seharusnya keberadaan danau dan hutan Kota itu harus bersih dari sampah. Apa lagi lokasi di Pusat Pemerintahan Daerah menjadi cerminan,” katanya.

Ia pun berharap, kepada instansi pemerintah setempat agar segera melakukan upaya penanganan terhadap permasalahan sampah tersebut. Sehingga, dapat terhindar kesan negatif dari masyarakat umum.

“Mudah-mudahan ini bisa ditangani segera, karena khawatir dilihat oleh masyarakat luar itu terkesan negatif terhadap daerah kita,” ungkap dia.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik mengaku jika pihaknya telah melakukan pembersihan sampah di lingkungan danau pasca kegiatan May Day tersebut.

“Kita sejak persiapan hingga pasca kegiatan May Day pada 6 Mei itu sudah kita lakukan pembersih,” ucapnya.

Ia menduga, kondisi danau dan hutan kota yang kembali dipenuhi sampah itu akibat masih banyaknya warga sekitar yang berkunjung dan memancing ke lokasi tersebut.

“Kalau masih banyak sampah wajar, karena masih banyak orang. Tapi setelah selesai akan dibersihkan,” tuturnya.

Kendati demikian, kata dia, pihaknya akan segera kembali menurunkan petugas kebersihan ke lokasi untuk membersihkan sampah-sampah yang berserakan di danau hutan Kota Tigaraksa tersebut.

“Nanti kita pasti akan dibersihkan lagi,” kata dia. (AZM/ASN)