Diretas Hecker, Ada “Screenshot Crypto” Diakun Resmi Instagram Pemkab Tangerang

Infotangerang.id – Akun resmi media sosial Instagram Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten diretas hacker  dengan menuliskan dan mengupload sebuah screenshot tentang crypto pada Sabtu (28/01/2023).

“Berdasarkan infrormasi yang kami dapatkan, ini terjadi sejak kemarin, hari Sabtu, 28 Januari 2023. Tapi sejak itu terjadi kami langsung tangani,”

kata Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Kabupaten Tangerang, Ahmad Supriyadi di Tangerang, Senin (30/01/2023)

Menurut dia, peretasan yang dilakukan oleh oknum yang  tidak bertanggungjawab tersebut, hanya terjadi pada akun media sosial Instagram Pemkab Tangerang saja.

Sisanya, situs web resmi dan medsos lainnya masih aman.

“Jadi yang diretas ini hanya Instagram, karena itu terjadi pada handphone admin atau pengelola akun Instagram kami,” katanya.

Ia mengungkapkan, setelah diketahui terjadi peretasan, pihaknya pun langsung mengambil langkah cepat dengan mengembalikan kembali akun tersebut setelah mengingat pengikutnya cukup banyak.

“Setelah diketahui bahwa ada yang meretas itu, kami langsung mengembalikannya pada hari itu juga,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk menanggapi penyerangan akun medsos pemkab, pihaknya juga kemudian segera berkoordinasi dengan tim ITE guna melacak dan memperkuat keamanan pada seluruh situs maupun akun medsos milik pemerintah Kabupaten Tangerang.

“Sekarang sudah aman, dan sudah kembali normal. Kemudian kami saat ini melakukan penguatan terhadap sandi-sandi keamanan pada situs resmi kami,” kata dia.(AZM/ASN)