Grup Band Warga Binaan ‘Lapasta’ Tampil Memukau di Malam Paralegal Justice Award

Infotangerang.id – Grup band warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang Kantor Wilayah Kemenkumham Banten, Lapasta Band  tampil memukau pada 

Malam Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2023.  

“Lapasta Band tampil di Malam Anugerah Paralegal Justice Award untuk memberikan gambaran mengenai sistem pembinaan bagi para narapidana yang sedang menjalani masa tahanannya di dalam lapas serta perubahan paradigma mengenai sistem peradilan di Indonesia,” ujar Kepala Seksi Administrasi Tata Tertib, Muhammad Dwi Riyanto, Jumat 2 Juni 2023. 

Dwi  menjelaskan dalam sistem pemasyarakatan, pidana penjara bukan semata-mata sebagai hukuman. 

Namun lebih menitikberatkan pada pembinaan kepribadian dan kemandirian dalam rangka reintegrasi sosial warga binaan untuk kembali kedalam masyarakat setelah bebas nanti. 

Kepala Lapas Kelas I Tangerang Asep Sutandar menambahkan pembinaan kemandirian merupakan hal yang penting. 

“Dengan adanya pembinaan, para warga binaan tentunya akan memperoleh “life skill” yang sangat berguna, mereka (WBP) mengisi hari-harinya dengan melakukan hal-hal yang berguna,” kata Asep. 

Asep menegaskan, pembinaan kemandirian diberikan untuk membimbing mereka menjadi orang yang lebih baik serta meningkatkan kreativitas. 

Sehingga ketika mereka kembali ke masyarakatan secara skill mereka telah siap dengan pembinaan kemandirian yang mereka ikuti. 

“Melalui kesempatan ini kami ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa banyak terdapat kreativitas-kreativitas yang luar biasa walaupun dalam jeruji besi, hal tersebut pun tentu memiliki nilai ekonomis dan dapat bersaing dengan pihak luar,” tutup Asep. 

Berikut Personil Lapasta Band

-Cing alung (bassis) = M fahrur rozi 

– Jojo (keyboard)= Iyan Bachtiar 

– Lucky (gitaris) = Lucky Martin 

– Rian (vocalis) = Dedi adrian 

– Dukri (drummer) = dukri 

(JJO/ASN)