Gubung Anak Krakatau Kembali Eruvsi , Swmburan Abu Capai 3.000 Meter

Infotangerang.id – Gunung Anak Krakatau (GAK) pada Rabu sore (04/01/2023) sekitar pukul 15.09 WIB kembali mengalami erupsi atau mengeluarkan kolom abu teramati 3.000 meter di atas puncak (± 3.157 m di atas permukaan laut).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa Gunung Anak Krakatau mengalami erupsi dengan kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur.

“Erupsi Gunung Anak Krakatau pada 04 Januari 2023 pukul 15:09 WIB. Erupsi masih berlangsung,” tulis PVMBG dalam keterangan resminya yang diteriman Infotangerang.id di Tangerang, Rabu (04/01/023).

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 65 Milimeter dan durasi sementara ini kurang lebih satu menit 37 detik.

Kemudian, saat ini Gunung Anak Krakatau tersebut berada pada status Level III atau siaga. Status tersebut dengan rekomendasi agar masyarakat, pengunjung atau wisatawan di sekitar lingkungan gunung tidak mendekati atau beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah aktif.

“Kolom abu teramati berwarna hitam dengan intensitas tebal condong ke arah timur,” ujar PVMBG. (AZM/ASN)