Habiskan Anggaran Rp 19 Miliar, Perbaikan Jalan Raya Prancis Ditargetkan Rampung November 2023

Infotangerang.id, – Pemerintah Kabupaten Tangerang  mempercepat penyelesaian pembangunan Jalan Dadap-Jatimulya atau lebih dikenal dengan Jalan Raya Kali Prancis. 

Perbaikan jalan yang menghabiskan anggaran Rp 19 miliar itu ditargetkan rampung November mendatang. 

“Proyek ini diperkirakan bakal selesai lebih cepat karena hingga Mei 2023 perbaikan jalan tersebut telah mencapai 86,27 persen,” ujar  

Kepala Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang, Iwan Firmansyah, Sabtu 3 Mei 2023. 

Iwan menjelaskan, mengacu pada kontrak multiyears (tahun jamak) pada Oktober 2022, pembangunan jalan dengan nilai Rp 19 miliar itu   diperkirakan akan selesai pada November 2023.  

Iwan mengatakan, perkembangan pembangunan Jalan Prancis bisa dilihat dari kontruksi jalan yang dilapisi beton setebal 30 cm.   

Saat ini, kata dia, pengerjaan pembetonan jalan sedang dilakukan di ruas Pospol Dadap ke arah perempatan Jembatan Dadap. “Pembangunan jalan terus dikebut agar segera selesai. Kondisi jalan sudah mulus.” 

Saat ini, Iwan menambahkan,  juga sedang dilakukan finishing pada aksesoris jalan seperti median jalan dan marka jalan.$ Saat ini juga telah dilakukan penataan dan perapihan utilitas oleh pihak PLN dan Telkom,” ujar Iwan.  

Jalan Kali Prancis merupakan kewenangan dua daerah yakni Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang. Kabupaten Tangerang memiliki wewenang sepanjang 3.032 meter, dimulai dari Kelurahan Dadap di Simpang Dadap sampai ke Polsubsektor Kosambi di Desa Jati Mulya. Sedangkan yang 550 meter berada di wilayah Kecamatan Benda, Kota Tangerang dengan anggaran sekitar Rp5,9 miliar. (JJO/ASN)