Ingin Tetap Bugar di Usia 40-an, Berikut Olahraga yang Bisa Jadi Pilihan  

Olahraga Yoga merupakan olahraga yang melibatkan tubuh sekaligus pikiran dalam prosesnya. (Foto ilustrasi : SAC)

Infotangerang.id, Bagi anda yang berusia 40-an tetapi masih bingung memilih olahraga apa yang pas tanpa dihantui cedera otot? Nah jangan khawatir, olahraga ini mungkin bisa menjadi pilihan anda. 

Memang di usia yang semakin beranjak, pastinya fungsi otot, sendi, dan lain-lain juga semakin berkurang. Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa berolahraga biar tubuh makin sehat. Anda hanya harus memilah olahraga mana yang tepat dan tetap aman dilakukan.

YOGA

Olahraga  ini bisa dijadikan andalan. Yoga merupakan olahraga yang melibatkan tubuh sekaligus pikiran dalam prosesnya. Yoga juga bisa sekaligus sebagai meditasi dengan beberapa teknik yang diterapkan mulai dari pernapasan, keseimbangan, hingga keharmonisan antara emosi, jiwa, dan lainnya. 

Meski terlihat ringan, Yoga sebenarnya memberi banyak manfaat untuk mengurangi potensi penyakit kronis, menjaga keseimbangan tubuh, hingga menjaga kesehatan mental. 

Olahraga Yoga ini juga dianggap ringan cedera, jadi aman banget dilakukan untuk usia 40-an, bahkan hingga usia 70-an!

PILATES

Dinilai mirip dengan yoga, sebenarnya pilates punya perbedaan lho dengan olahraga yoga. Namun, keduanya punya kesamaan, yaitu sama-sama aman dilakukan untuk kamu yang berusia 40-an. 

Termasuk olahraga yang low impact, pilates juga punya low risk seperti yoga. Manfaatnya juga bagus banget untuk usia yang sudah makin beranjak, mulai dari memperbaiki postur tubuh, membuat otot-otot makin kencang, dan bisa menjaga berat badan supaya stabil. 

Pilates juga bisa bantu mengatasi nyeri di punggung atau bagian otot lainnya yang cukup sering terjadi di usia 40-an. 

BERSEPEDA 

Bersepeda juga bisa dijadikan olahraga pilihan untuk usia 40-an. Selain bermanfaat untuk kelenturan otot, meperbaiki postur dan keseimbangan tubuh, bersepeda juga oke banget untuk menjaga sistem peredaran darah, baik untuk jantung dan paru-paru. 

Jadi, kesehatan organ dalam kamu juga makin terjaga dengan baik! Beberapa tips yang perlu diperhatikan saat bersepeda yaitu pastikan untuk memilih jenis sepeda yang tepat.

BERENANG

Berenang memang jadi olahraga aerobik yang terkenal baik untuk meningkatkan kapasitas paru-paru, serta menjaga kesehatan jantung. 

Nah, kalau kamu berusia 40-an dan sudah rutin berenang sejak dulu, kamu boleh lho untuk tetap berenang di usia sekarang. 

Bukan cuma bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, berenang pun bisa meringankan nyeri pada sendi, sekaligus bikin kualitas tidur kamu meningkat. 

Anda bisa melakukannya dengan intensitas yang rendah supaya bisa beradaptasi. Plus, jangan paksa diri sendiri untuk berenang dalam durasi yang terlalu lama.

Jogging

Olahraga jogging berbeda dengan lari. Karena jogging dilakukan lebih santai dan lambat dibanding lari. Meskipun terkesan sederhana, tapi jogging punya segudang manfaat buat kesehatan. 

Apalagi, di usia 40-an mulai timbul beberapa permasalahan kesehatan, kan? Jogging bisa memperkuat otot dan tulang kamu, menyehatkan jantung, bahkan bisa menurunkan risiko kanker. 

Sedikit tips yang perlu kamu lakukan saat memulai jogging yaitu lakukan pemanasan, supaya mengurangi risiko cedera. Kamu juga perlu memilih sepatu yang nyaman untuk jogging, dan menetukan trek yang aman untuk jogging. (FDC/ASN)