Kapolri Membuka Secara Resmi Acara Kemala Run 2024 di ICE BSD yang Diikuti Oleh 10 Ribu Peserta

Kapolri Membuka Secara Resmi Acara Kemala Run 2024 di ICE BSD

Infotangerang.id– Melansir dari laman resmi humas Polri, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan acara Kemala Run 2024 yang diikuti oleh 10.000 peserta di ICE, BSD, Tangerang Selatan, pada hari Minggu, 9 Juni 2024.

“Kapolri membuka Kemala Run 2024 di ICE BSD,” ujar Ketua Panitia Kemala Run 2024, Winta Wahyu Widada dalam pernyataan tertulis pada Minggu, 9 Juni 2024.

Tahun ini merupakan gelaran ketiga dari rangkaian Tour of Kemala.

Sebelumnya, Tour of Kemala telah diadakan di Belitung dan Banyuwangi pada tahun 2022 dan 2023.

Kemala Run 2024 diikuti oleh 10.000 peserta baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Peserta tersebut terdiri dari atlet nasional dan internasional, penggemar olahraga lari, komunitas lari, serta keluarga besar Polri dari seluruh Indonesia.

Kemala Run 2024 ini mencakup empat kategori lomba, yakni Half Marathon dengan jarak 21 km, 10 km, 5 km, dan Kids Dash yang melombakan jarak 100, 200, dan 300 meter.

Selain itu, ada satu kategori non-lomba yang diperuntukkan bagi peserta disabilitas.

Pelepasan Peserta Kemala Run 2024

Kapolri, yang ditemani oleh Ketua Pembina Yayasan Kemala Bhayangkari (YKB), Juliati Sigit Prabowo, Wakapolri Komjen Agus Andrianto, dan Wakil Ketua Pembina YKB Evi Agus Andrianto, serta Irwasum Komjen Pol Ahmad Dofiri bersama Pengurus Pusat YKB Diana Ahmad Dofiri, memimpin pelepasan peserta dari garis start.

Pada pukul 05.45, Kapolri, sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara, mengibarkan bendera start untuk kategori Half Marathon.

Untuk kategori 10K, pelepasan pelari dilakukan oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Sedangkan peserta kategori 5K dilepas oleh Ketua Umum Bhayangkari, Juliati Sigit Prabowo.

Setelah itu, peserta difabel dilepas oleh Wakil Ketua Umum Bhayangkari, Ny. Evi Agus Andrianto.

Peserta untuk kategori Kids Dash kemudian dilepas oleh Ketua Pengurus Pusat Yayasan Kemala Bhayangkari, Diana Ahmad Dofiri.

Ketua Panitia Kemala Run 2024, Winta Wahyu Widada, mengungkapkan bahwa rute yang dilalui peserta dalam Kemala Run 2024 telah terverifikasi secara internasional oleh Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

“Jadi, sertifikat yang diberikan kepada peserta lari Half Marathon 21K, 10K, dan 5K ini juga sudah memenuhi standar internasional,” ujar istri dari Kabareskrim, Komjen Wahyu Widada ini.

Ia menyatakan bahwa pihaknya mengundang para penyandang disabilitas untuk ikut memeriahkan acara Kemala Run 2024.

Selain itu, kategori lari Kids Dash yang diikuti oleh anak-anak juga diadakan untuk mendukung program pemerintah dalam mendorong olahraga sejak dini, menurut Winta.

“Kategori Kids Dash ini bertujuan untuk menggalakkan olahraga sejak usia dini sesuai dengan program pemerintah,” jelasnya.

Ia berharap bahwa dengan diadakannya Kemala Run 2024, minat masyarakat terhadap olahraga, terutama lari, akan semakin meningkat.

“Kami berharap animo masyarakat terhadap olahraga ini sangat besar, sehingga di tahun-tahun mendatang kita dapat melaksanakan program-program olahraga lainnya.

Baik itu Kemala Run atau cabang olahraga lain seperti tenis atau bola voli, kita dapat menyelenggarakannya di bawah payung Tour of Kemala,” tutupnya.

Juara Kemala Run 2024

Odekta Naibaho Juara Kemala Run 2024
Odekta Naibaho Juara Kemala Run 2024

Juara Kemala Run 2024 ini diraih oleh Atlet lari nasional Odekta Naibaho.

Odekta berhasil menjadi yang terbaik dalam kategori Half Marathon (21K) putri.

Gelar juara ini menambah deretan prestasi Odekta, yang sebelumnya juga meraih posisi juara pertama di Taiwan Open 2024 pada awal Juni ini, menjadikannya dua kali juara dalam bulan yang sama.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife