Libur Nataru, Puncak Arus Penumpang di Bandara Soetta Diprediksi Terjadi H-2 Natal

Penumpang saat tiba di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (12/5/2020). PT Angkasa Pura II mengeluarkan tujuh prosedur baru bagi penumpang penerbangan rute domestik selama masa dilarang mudik Idul Fitri 1441 H di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Infotangerang.id – PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi puncak arus penumpang mudik libur Natal dan Tahun Baru melalui Bandara SoekarnosHatta (Soetta) Tangerang, Banten akan terjadi pada periode Jumat 23 Desember 2022.

“Dimana peak day terjadi pada H-2 Natal tanggal 23 /02/ 2022, nanti untuk keberangkatan terjadi pergerakan 159.000 penumpang,” kata Executive General Manager KCU PT Angkasa Pura II, Dwi Ananda Wicaksana di Tangerang, Selasa (20/12/2022).

Sementara itu, lanjutnya, untuk puncak arus balik Natal dan Tahun Baru diprediksikan terjadi pada H+5 dengan angka pergerakan penumpang lebih sedikit dibandingkan dengan keberangkatan.

“Arus balik lebih sedikit dibanding arus keberangkatan, namun secara rata-rata total ada kenaikan 12 persen,” katanya.

Ia menyebutkan, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soetta pada libur Nataru 2023 ini dinilai mengalami peningkatan sebesar 80 persen dan jumlah pergerakan pesawat naik 48 persen apabila dibandingkan dengan pergerakan di masa libur tahun 2021.

“Kita dapat memahami tahun 2021 masih ketat Prokes COVID-19 untuk terbang dari Bandara, sehingga ada peningkatan saat ini meskipun Prokes tetap ada tapi penerbangan syaratnya lebih mudah,” ujarnya.

Hingga sampai saat ini, kata dia, pergerakan penumpang di Bandar Udara Soetta Tangerang telah terdata ada sekitar 130.000 penumpang, dan itu pun jika dibandingkan angka rata-rata per harinya mengalami peningkatan.

“Saat ini sekira 130 ribu pergerakan penumpang per hari rata-ratanya. Angka itu ukup tinggi bila dibandingkan dengan tahun lalu,” tuturnya.

Ia menambahkan, dengan terjadinya peningkatan pergerakan penumpang tersebut, maka AP II telah melakukan penambahan sejumlah fasilitas di Bandara Soetta,

diantaranya alat penunjang protokol kesehatan COVID-19, fasilitas kenyamanan penumpang hingga fasilitas keselamatan penerbangan. (AZM/ASN)