Mengembangkan Motorik Kasar dan Halus Pada Anak, Begini Cara Melatihnya

Infotangerang.id – Motorik adalah kemampuan gerakan yang dikendalikan oleh sistem saraf manusia.  

Kemampuan motorik pada anak sangat penting, karena hal ini berhubungan langsung dengan kemampuan mereka untuk belajar dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar. 

Keterampilan motorik sendiri dibagi dua, yaitu keterampilan motorik halus dan kasar

Keterampilan motorik halus meliputi gerakan tangan dan jari yang sangat diwarnai dengan kemampuan koordinasi mata dan tangan. 

Sementara itu, Keterampilan motorik kasar meliputi sebagian besar gerakan fisik tubuh seperti berlari, melompat dan memanjat. 

Keterampilan motorik anak berkembang dari umur 0 hingga 5 tahun, dan sangat penting untuk dilatih dengan baik agar dapat menunjang perkembangan anak.

Untuk itu, orang tua perlu mengetahui berbagai cara untuk melatih motorik anak, mulai dari memberikan mainan yang sesuai, mewarnai dan menggambar.

Mengajak bermain bola, hingga membuat kerajinan tangan atau ramping-ramping.

Kegiatan pengembangan motorik ini bisa membantu anak untuk mengembangkan kemampuan geraknya secara optimal, meningkatkan konsentrasi, dan juga mengembangkan nilai sosialnya. 

Namun, orang tua juga perlu memperhatikan kemampuan dan tingkat perkembangan anak serta tidak memaksakan kegiatan yang terlalu sulit bagi anak. 

Jadi, sangat penting bagi orang tua untuk memberikan dukungan dan arahan agar anak dapat berkembang secara optimal dalam melakukan kegiatan fisik sehari-hari. (*/ASN)