Pasar Mambo Tangerang Kebanjiran, Pemkot Tangerang: Drainase Tersumbat

Infotangerang.id – Hujan lebat yang terjadi pada Sabtu, 11 Mei 2024 lalu, membuat Pasar Mambo Tangerang dan lima titk lainnya terendam banjir.

Merespons kondisi tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin, langsung meninjau lokasi Pasar Mambo Tangerang dan lima titik lainnya yang terdampak genangan air serta melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penanganan.

Nurdin mengungkapkan, bahwa genangan air di Pasar Mambo Tangerang dan lima titik lainnya disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya kondisi drainase yang tersumbat.

“Tinjauan kita tadi, sebagai bentuk respon terkait genangan air yang terjadi di Pasar Mambo kemarin, di mana kondisi tersebut disebabkan karena drainase tersumbat oleh sampah sehingga air hujan tidak dapat mengalir dengan lancar,” ujarnya, Senin, 13 Mei 2024.

Dia mengatakan, keberadaan bangunan liar dari pedagang di atas saluran air yang dimanfaatkan untuk berdagang, juga turut memperparah kondisi tersumbatnya saluran drainase.

“Hal itu juga menjadi penyebab menyumbatnya saluran air dan menimbulkan genangan, karena mungkin ada sampah yang tercecer dari kegiatan jual beli yang jatuh ke saluran drainase tersebut,” ucapnya.

Nurdin juga menuturkan, ada beberapa upaya yang akan dilakukan untuk menangani genangan air di Pasar Mambo Tangerang dan lima titik lainnya.

“Nanti Dinas PUPR Kota Tangerang agar melakukan pembersihan saluran air secara rutin, terutama di Pasar Mambo dan lima titik lainnya yang rawan genangan air, dan segera melaksanakan rencana normalisasi saluran air,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya akan membangun rumah pompa di belakang Pasar Mambo Tangerang dan lima titik lainnya untuk membantu mengalirkan air hujan.

“Kita tidak boleh lengah dan harus segera mencari solusi agar genangan air tidak terjadi lagi di Pasar Mambo dan lima titik lainnya,” tegasnya.

Dia mengimbau kepada para pedagang dan masyarakat untuk turut berkontribusi dengan tidak membuang sampah sembarangan ke saluran air.

“Mari kita jaga bersama-sama kebersihan lingkungannya agar terhindar dari genangan air, dan gunakan fasilitas yang ada sesuai fungsinya,” pungkasnya.