6 Urutan Skin Care Malam yang Benar Agar Dapat Manfaat Optimal

Foto ilustrasi dok. istimewa

Infotangerang.id, – Memiliki rutinitas skin care yang tepat adalah kunci untuk menjaga dan merawat kulit sehat. Selain melakukan perawatan di pagi hari, perawatan kulit pada malam hari sangat penting untuk memaksimalkan regenerasi dan pemulihan kulit semalam. Berikut adalah urutan skin care malam yang benar untuk mendapatkan manfaat optimal:

1. Membersihkan wajah

Langkah pertama dalam perawatan kulit malam adalah membersihkan wajah dengan lembut untuk menghilangkan semua kotoran, minyak, dan sisa make-up yang menempel pada kulit. Gunakan pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda, seperti gel, krim, atau minyak pembersih, lalu bilas dengan air hangat. Hindari penggunaan air yang terlalu panas agar tidak mengeringkan kulit.

2. Toner

Setelah membersihkan wajah, gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit dan mempersiapkan kulit untuk penyerapan produk perawatan selanjutnya. Pilih toner yang bebas alkohol dan mengandung bahan-bahan seperti asam hialuronat atau aloe vera untuk memberikan hidrasi.

3. Serum

Serum adalah produk perawatan kulit konsentrat yang mengandung bahan aktif yang ditujukan untuk masalah kulit tertentu, seperti anti-penuaan, cerah, atau anti-blemish. Serum mengandung molekul kecil yang dapat menembus lapisan kulit lebih dalam, oleh karena itu, gunakan serum setelah toner agar bahan aktif terserap dengan baik. Oleskan serum secara merata ke seluruh wajah dan leher, dan tepuk-tepuk dengan lembut hingga benar-benar terserap.

4. Pelembap malam

Setelah menggunakan serum, oleskan pelembap malam untuk mengunci kelembapan dan menghidrasi kulit semalaman. Gunakan pelembap yang kaya akan nutrisi dan antioksidan untuk membantu memperbaiki tekstur kulit dan meremajakan kulit. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, seperti pelembap anti-aging, untuk kulit berminyak atau kering, dll.

5. Eye cream

Jangan lupa merawat area mata dengan menggunakan krim mata yang diformulasikan khusus untuk area yang sensitif dan rentan terhadap kerutan. Oleskan sedikit krim mata pada jari manis, lalu tepuk-tepuk dengan lembut di area sekitar mata hingga benar-benar terserap.

6. Pelembap bibir

Akhirnya, berikan perhatian pada bibir Anda dengan menggunakan pelembap bibir untuk mencegahnya kering dan pecah-pecah. Pilih pelembap yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter atau minyak alami untuk membuat bibir tetap lembut dan terhidrasi.

Selain melalui urutan perawatan kulit malam yang tepat, penting juga untuk menjaga kebersihan selama tidur. Gantilah sarung bantal secara teratur, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, dan pastikan ponsel atau benda lain yang sering bersentuhan dengan wajah sudah bersih.

Dengan mengikuti urutan skin care malam yang benar, Anda akan melihat perubahan yang signifikan pada kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Rutin dan konsisten adalah kunci untuk mendapatkan manfaat maksimal dari perawatan skin care malam. (*/ASN)