INFOTANGERANG.ID– Profil Kevin Diks, salah satu pemain keturunan Belanda yang berposisi bek ini akan memperkuat Timnas Indonesia.

Pemain berusia 28 tahun ini disebut akan menjadi pemain Timnas Indonesia oleh Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, melalui media sosial Instagram miliknya pada Sabtu, 12 Oktober 2024.

Lalu seperti apa sosok Kevin Diks ini? Berikut ini profil Kevin Diks yang akan memperkuat Timnas Indonesia.

Profil Kevin Diks

Kevin Diks merupakan pemain yang lahir pada tanggal 6 Oktober 1996, di Apeldoorn, Belanda dan merupakan anak dari pasangan Raymond Diks dan Natsja Diks-Bakarbessy.

Dalam wawancaranya bersama Yussa Nugraha pada empat tahun lalu, Kevin Diks mengaku bahwa ia memiliki darah Indonesia dari sang ibu.

“Mama saya berasal dari Indonesia, nama belakangnya Bakarbessy. Kakek dan nenek saya dari Indonesia. Mereka berangkat ke Belanda di usia 5 atau 6 tahun. Kakek saya setiap tahun ke Indonesia, tepatnya Ambon,” kata Kevin Diks, seperti yang dikutip dari channel YouTube Yussa Nugraha pada Selasa, 15 Oktober 2024.

Karir Kevin Diks bisa dibilang cukup gemilang didunia sepak bola.

Sebelum berposisi menjadi bek tengah andalan FC Copenhagen, Kevin Diks sempat menjadi pemain tim raksasa, Feyenoord Rotterdam.

Kevin Diks juga tercatat pernah berkarir di Liga Italia bersama Empoli dan Fiorentina.

Tak hanya itu, Kevin Diks juga berhasil memenangkan trofi Johan Cruijf Shield pada 2017 dan KNVB Cup 2017-2018, bersama Feyenoord Rotterdam.

Pada tahun 2016-2017, ia juga pernah memenangkan gelar KNVB Cup bersama Vitesse Arnhem.

Bersama FC Copenhagen, klubnya saat ini, Prestasi Kevin Diks makin gembilang. Kevin Diks berhasil memenangkan Liga Denmark 2021-2022 dan 2022-2023, serta piala Denmark 2022-2023.

Posisi Bermain Kevin Diks

Sebelum fasih berposisi pada bek tengah di FC Copenhagen, Kevin Diks bisa dimainkan di posisi fullback/wing back kanan.

Tak heran pemain keturunan Ambon ini dikenal sebagai Versatile Player, karena ia dapat berperan di banyak posisi.

Jika melihat dari kebutuhan di Timnas Indonesia saat ini, Kevin Diks lebih condong dimainkan pada posisi wing back kanan dalam pola penyerangan 3-4-3 ala Shin Tae-young.

Namun, hingga kini belum diketahui kapan pemain FC Copenhagen ini akan menjadi pemain dan berlaga memperkuat di Timnas Indonesia.

Hal ini karena perjalanannya untuk mendapat status sebagai warga Negara Indonesia baru dimulai..

Proses perjalanan berkas Kevin Diks yang baru masuk PSSI ini nantinya akan dibawa ke Kemenpora untuk kemudian diajukan ke Kemenkumham.

Setelah itu dari Kemenkumham akan diajukan ke Presiden Republik Indonesia.

Setelah dari Presiden Indonesia, baru kemudian diusulkan untuk dibahas di Komisi III dan X dan dibawa pada ke Paripurna DPR, dan kemudian dikembalikan ke presiden.

Setelah Keputusan Presiden (Keppres) diterbitkan, akan dilanjutkan dengan prosesi pengambilan sumpah sebagai WNI, serta pembuatan KTP dan paspor Indonesia.

Setelah dokumen-dokumen tersebut selesai, PSSI akan mengajukan permohonan perpindahan asosiasi Diks ke FIFA, dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Jika permohonan tersebut disetujui, barulah Diks dapat membela Timnas Indonesia.

Namun diprediksi, jika proses naturalisasinya berjaan lancar, kemungkinan Kevin Diks dapat dimainkan saat Timnas Indonesia akan menjamu Jepang di matchday kelima Grup C pada Jumat, 15 November 2024.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Iis Suryani
Editor
Iis Suryani
Reporter