Infotangerang.id- Peringatan upacara Sumpah Pemuda ke-96 di atas Sungai Cisadane pada Senin, 28 Oktober 2024 telah berlangsung khidmat.

Upacara yang diselenggarakan Pemkot Tangerang bersama Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) tersebut juga diiringi dengan pelepasan ratusan kilogram benih ikan dan penanaman pohon di sekitar bantaran Sungai Cisadane, Kota Tangerang.

Dalam kegiatan Sumpah Pemuda ini juga turut melestarikan ruang-ruang publik yang lebih aktif dan produktif untuk masyarakat luas.

“Di sini, Pemkot Tangerang berkolaborasi bersama dengan masyarakat untuk dapat melestarikan lingkungan tersebut, dalam hal ini Banksasuci,” ujar Penjabat Wali Kota Tangerang Dr. Nurdin.

Screenshot 2024 10 28 145203

Ia menambahkan, masyarakat perlu memberikan perhatian serius dalam menjaga dan merawat lingkungan. Pasalnya, saat ini Kota Tangerang mampu menjadi kota yang berkembang pesat, yang harus diiringi dengan pengawasan dan pelestarian lingkungan yang serius.

Sementara itu, Founder Komunitas Banksasuci, Ade Yunus mengungkapkan, kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda sudah dilaksanakan sejak 5 Oktober 2024.

Peringatan Sumpah Pemuda: Tanam 10.000 Bibit dan Penerbaran 10 Ton Benih Ikan

Selama dua pekan, banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan sebagai langkah melestarikan lingkungan. Mulai dari, penanaman pohon sebanyak 10.000 bibit, pembersihan Sungai Cisadane dan penebaran benih ikan sebanyak 10 ton.

“Hari ini merupakan puncak pelaksanaan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Apelnya dilaksanakan di tengah Sungai Cisadane, dengan tujuan untuk mengingatkan kita semua untuk bersama-sama berkontribusi menjaga sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya.

“Mari bersama-sama, berkontribusi dan turut serta menjaga kebersihan sungai, kali ini bukan hanya pemerintah saja yang berperan tetapi kita juga warga Kota Tangerang wajib hukumnya untuk turut serta membersihkan dan merawat. Jika sungai bersih, maka yang akan menikmati dampaknya adalah kita semua,” ajak Ade.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor