Bekas Tempat Krantina Covid-19 di Ciater Bakal Dijadikan Edukasi Agrowisata

Kawasan Rumah Lawan Covid Zona II, Kota Tangsel.

infotangerang.id – Setelah tak lagi digunakan untuk pusat karantina, Rumah Lawan Covid-19 di Tandon Ciater bakal dimanfaatkan kembali sebagai pusat pertanian dan area wisata.

Area tersebut kini dikembalikan lagi menjadi milik Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Selatan setelah hampir dua tahun digunakan sebagai pusat karantina Covid-19.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangsel Yepi Suherman mengatakan, nantinya kawasan tersebut bakal dialih fungsikan menjadi kawasan agrowisata.

“Kami dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan menata di kawasan belakangnya. Akan dikembangkn sebagai edu agrowisata,” kata Yepi dikutip Selasa (27/12/2022).

Yepi menerangkan, konsep edu agrowisata yang akan dikembangkan perpaduan antara modern dan tradisional.

Dia menywbut, pihaknya bakal membuat miniatur kincir angin Belanda, kolam ikan hingga persawahan sebagai media edukasi anak-anak.

“Perpaduan teknis pertanian dengan konsep pengembangan hortikultura. Mulai dari pembibitan, penanaman, perikanan air tawar, juga akan bikin kolam sungai buatan nanti bisa untuk budidaya ikan,” ungkapnya.

“Akan ada juga kawasan seperti kebun binatang, sawah, climbing, kincir angin seperti di Belanda, dan taman bermain juga,” papar Yepi.

Sementara gedung bekas tempat karantina pasien Covid-19 bakal dijdikan pasar pangan. Konsep tersebut, bakal didesain pada 2023 dan targetnya 2024 bakal rampung dibangun.

Sedangkan bangunan glampimg yang berada di zona dua kemungkinan bakal dimanfaatkan
“Target kami rencana DED 2023, 2024 jadi. Akan kolaborasi dengan pemerintah pusat kalau bisa dibantu untuk pembangunan ya syukur. Makannya nanti tergantung sesuai kemampuan daerah,” beber Yepi. (VYH/ASN)