Dulu Tugu di Cipondoh Berbentuk Kubah Alzhom, Kini Berubah Jadi Ikan Gabus

InfoTangerang.id – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata (Disbudpar) melakukan perubahan pembangunan tugu ikon di pertigaan Jalan Cipondoh, Kota Tangerang.

Sebelumnya, tugu tersebut berupa kubah masjid Al Azhom Kota Tangerang, kini menjadi ikon berupa ikan gabus.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Rizal Ridolloh mengungkapkan, perubahan itu merupakan kearifan lokal dari wilayah tersebut.

“Tugu ikan di Cipondoh itu adalah ikon ikan gabus, kemudian bunga putih itu teratai, yang merupakan kearifan lokal Cipondoh,” ujar Rizal, Jumat, (6/1/2023).

Mantan Camat Cipondoh itu mengatakan, ikon tersebut karena cipondoh menjadi lokasi yang menghasilkan ikan gabus.

Tak hanya itu, di lokasi tersebut terdapat rumah makan dengan menu makanan khas ikan gabus.

“Udah banyak bener makanan khas gabus: Gabus Po Roy, Po Minun, Madun Oseng, dan lainnya. Jadi, ikan gabus itu khas banget di Cipondoh, mah. Dan, kekayaan hayati lainya seperti teratai juga eceng gondok,” ujar Rizal.

Rizal mengatakan, perubahan ikon tersebut dilakukan juga karena ikon sebelumnya telah mengalami kerusakan.

“Tugu yang awal itu sudah rusak dan memang layak direvitalisasi, kerena, kan, sudah dari 2017 itu dibangun,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, terdapat aspirasi masyarakat yang mengeluhkan vandalisme pada tugu sebelumnya. Apalagi, ikon tugu sebelumnya berbentuk kubah masjid.

“Ada yang menyampaikan ke saya. Katanya, masa masjid dicoret-coret, kan, nggak bagus. Secara keseluruhan sudah selesai. Kalau anggaran, perlu adanya kerjasama untuk sama-sama menjaga,” pungkasnya.

Diketahui, perubahan pembangunan tugu tersebut menelan anggaran Rp 150 juta.

Hal tersebut, bagian dari pemeliharaan ikon wilayah yang menghubungkan Jalan Maula Hasanudin dengan Hasyim Ashari. (MAY/ASN)