Sempat Diundur, Festival Mookervart Digelar Akhir Mei 2024

Kepala Disbudparman Kota Tangerang Rizal Ridolloh saat menjelaskan Festival Mookervart

Infotangerang.id – Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Pertamanan (Disbudparman) kembali menghadirkan Festival Mookervart yang akan digelar akhir Mei 2024.

Festival Mookervart berasal dari Sungai Mookervart, yakni saluran air bersejarah yang menghubungkan Kali Angke dan Sungai Cisadane. Festival tersebut juga sebagai momentum untuk meningkatkan kepedulian masyarakat sekitar terhadap kelestarian Sungai Mookervart.

“Festival Mookervart ini digelar untuk merawat ingatan relasi saluran air ini dengan sejarah Kota Tangerang itu sendiri. Oleh karenanya, berbagai inovasi kegiatan kebudayaan menarik telah disiapkan untuk bisa diramaikan, dikunjungi, dan dinikmati masyarakat Kota Tangerang,” ujar Kepala Disbudparman Kota Tangerang Rizal Ridolloh, Selasa, 14 Mei 2024.

Ia mengatakan, setelah sukses digelar pada tahun lalu, kini Festival Mookervart akan kembali digelar untuk mengangkat dan meramaikan sejarah, cagar budaya, dan geliat kebudayaan di Kota Tangerang.

“Ya, kami akan adakan kembali Festival Mookervart di tahun 2024 ini, karena semaraknya dan kami juga ingin geliatkan kebudayaannya dan eventnya rencananya diundur ke akhir bulan,” ujarnya, Selasa, 14 Mei 2024.

Rencananya Festival Mookervart akan digelar di Taman Hutan Kota Tangerang pada 30 dan 31 Mei

Menurut Rizal, sungai Mookervart selama ini dinilai berpotensi menjadi salah satu cagar budaya di Kota Tangerang.

“Konsep dasarnya untuk pelestarian warisan budaya tak benda, cagar budaya dan tradisi lokal. Berisi pameran, lomba dan aktivitas lainnya,” ungkapnya.

Rizal berharap, masyarakat bisa memanfaatkan event Festival Mookervart 2024 ini sebagai momen untuk mengetahui warisan tentang Kota Tangerang serta berpartisipasi dalam berbagai acara lainnya.

Festival Mookervart kali ini akan berisi berbagai kegiatan, seperti pameran batik, pameran lukisan, diskusi budaya, kemah budaya, lomba melukis, papadangan bareng, penampilan seni budaya, dan aksi sosial bersih-bersih sungai.

Baca berita lainnya di Tangselife.com dan Infotangerang.id