Hujan Meteor Perseid Puncaknya Terjadi 13 Agustus, Begini Cara Lihatnya

Hujan Meteor Perseid terjadi malam ini 13 Agustus 2023. (Foto dok. Istimewa)

Infotangerang.id – Hujan meteor Perseid adalah salah satu hujan meteor tahunan yang paling banyak diamati di Bumi. 

Berdasarkan prakiraan BMKG, hujan meteor Perseid tahun ini akan terlihat jelas di seluruh Indonesia. Namun, tempat terbaik untuk melihatnya adalah di daerah yang jauh dari polusi cahaya, seperti pegunungan atau pantai.

Hujan meteor ini terjadi karena Bumi melewati sisa-sisa komet Swift-Tuttle. Komet Swift-Tuttle mengorbit Matahari setiap 133 tahun dan meninggalkan jejak debu di sepanjang orbitnya. 

Saat Bumi melewati jejak debu ini, debu-debu tersebut terbakar di atmosfer dan menghasilkan pancaran cahaya yang terlihat sebagai meteor.

Hujan meteor Perseid biasanya terjadi pada bulan Agustus setiap tahun. Puncak hujan meteor Perseid terjadi pada tanggal 13 Agustus. Pada saat puncak, kita dapat melihat hingga 100 meteor per jam di langit.

Hujan meteor Perseid dapat dilihat dari seluruh dunia, termasuk Indonesia. Namun, tempat terbaik untuk melihat hujan meteor ini adalah di daerah yang jauh dari polusi cahaya. 

Anda dapat melihat hujan meteor Perseid dari halaman rumah Anda, namun jika Anda ingin melihatnya dengan lebih jelas, Anda dapat pergi ke daerah yang lebih gelap, seperti pegunungan atau pantai.

Untuk melihat hujan meteor Perseid, Anda tidak perlu peralatan khusus. Anda hanya perlu mencari tempat yang gelap dan langit yang cerah. 

Jika Anda ingin melihat meteor yang lebih jelas, Anda dapat menggunakan teropong atau teleskop.

Berikut ini beberapa tips untuk melihat hujan meteor Perseid:

  • Cari tempat yang gelap dan langit yang cerah.
  • Hindari melihat hujan meteor dari dekat lampu kota.
  • Bersabarlah. Hujan meteor Perseid tidak selalu terlihat jelas.
  • Nikmati! Hujan meteor Perseid adalah salah satu fenomena alam yang indah.

(*/ASN)