Indonesia Ice Skating Open 2024 Figure Skating Dibuka, 371 Atlet Ramaikan BX Rink

Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2024 kategori Seluncur Indah atau Figure Skating kembali digelar di BX Rink, Bintaro Xchange Mall pada 6 hingga 8 Juni 2024.

Infotangerang.id- Indonesia Ice Skating Open (IISO) 2024 kategori Seluncur Indah atau Figure Skating kembali digelar di BX Rink, Bintaro Xchange Mall pada 6 hingga 8 Juni 2024.

Ajang lomba figure skating yang diikuti peserta mulai balita hingga lansia ini dinilai sebagai panggung yang ideal bagi atlet-atlet muda.

Competition Director Indonesia Ice Skating Open 2024, Wiwin Salim Darmawan mengatakan, ada 10 kategori yang dipertandingkan yakni Technical, Artistic, Footwork, Spotlight, Surprise, Speed Racing, Open Freestyle, Team Compulsories, Synchro Team and Production Team.

“BX Rink berupaya menggelar kejuaraan figure ice skating ini secara rutin. Tahun ini adalah edisi ke-9 Indonesia Ice Skating Open dengan jumlah peserta tahun ini meningkat signifikan dari tahun lalu,” ujarnya pada Kamis, 6 Juni 2024.

Antusias atlet-atlet muda dalam ajang ini tercatat meningkat. Pada tahun lalu, Indonesia Ice Skating Open diikuti 294 atlet, sedangkan tahun ini sudah terdaftar 371 atlet yaitu peserta dari tuan rumah Banten, dan juga turut meramaikan dari Jakarta, Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Para atlet yang mendaftar berasal dari enam ice rink, diantaranya BX Rink, Sky Rink, Oasis Centre Arena, Gardenice Skating (Bandung), SCH Ice Skating Arena (Yogyakarta) dan McSquare Ice Skating (Surabaya).

Terpenting, IISO menjadi ajang latih tanding untuk mempersiapkan atlet yang akan mengikuti PON 21 di Aceh, Sumatera Utara, dan Asian Winter Games di Harbin, China.

Berdaya Saing dan Mumpuni

Figure skating atau seluncur indah merupakan olahraga yang menilai gerakan pemain atau skater mulai dari gerakan freestyle lompatan, putaran, lifts, sikap anggun, hingga gerakan kaki atau footwork yang dilakukan di atas es.

Biasanya dimainkan secara tunggal maupun berpasangan. Variasinya rupa-rupa, mulai dari bebas, tarian es, dan juga tim (synchronized team skating).

WhatsApp Image 2024 06 06 at 16.56.02 1

Bicara sensasi berjalan di atas es memang seru. Apalagi jika sudah pro dan paham tekniknya, bisa meluncur lalu meliuk-liuk di atas es sudah pasti menyenangkan.

Kendati lambat laun makin populer selaju dengan makin banyaknya penempatan ice rink di pusat-pusat perbelanjaan, sehingga mempermudah akses masyarakat terhadap ice rink itu, namun jumlah fasilitas ice rink yang memenuhi standar olimpiade di negara tropis seperti Indonesia masih minim.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

 

Artikel Terkait