Mulai 30 Oktober 2025, penumpang LRT Jabodebek kini bisa menikmati kemudahan baru dalam bertransaksi melalui fitur QRIS Tap.
Inovasi ini dihadirkan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran tiket secara cepat dan efisien tanpa perlu repot menggunakan uang tunai atau kartu fisik.
Executive Vice President LRT Jabodebek, Mochamad Purnomosidi, menjelaskan bahwa layanan QRIS Tap pada LRT Jabodebek ini memungkinkan pengguna cukup menempelkan atau mendekatkan ponsel mereka ke gate tiket di stasiun untuk menyelesaikan pembayaran.
“Dengan fitur ini, transaksi menjadi lebih cepat, praktis, dan efisien,” ujarnya sebagaimana dilansir dari detik.com, Jumat (31/10/2025).
Fitur QRIS Tap bisa digunakan oleh pengguna smartphone Android yang dilengkapi dengan teknologi NFC (Near Field Communication).
Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi perbankan maupun dompet digital yang sudah mendukung sistem QRIS Tap, tanpa dikenakan biaya tambahan.
Purnomosidi menambahkan, saat ini sudah ada 14 Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP), baik dari sektor perbankan maupun fintech, yang terintegrasi dengan layanan QRIS Tap.
Dengan begitu, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan sesuai preferensi masing-masing.
“Kami terus berupaya menghadirkan kemudahan dan kenyamanan bagi seluruh pengguna. Kehadiran QRIS Tap ini diharapkan bisa memperkaya opsi pembayaran sekaligus meningkatkan pengalaman bepergian dengan LRT Jabodebek,” kata Purnomosidi.
Penumpang LRT Jabodebek Didominasi Oleh Kartu Elektronik
Berdasarkan data periode Januari hingga September 2025, metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh penumpang LRT Jabodebek masih didominasi oleh kartu uang elektronik sebesar 86,37%, diikuti Kartu Multi Trip 8,86%, LinkAja 4,40%, dan Access by KAI 0,37%.
Dengan adanya QRIS Tap, diharapkan pengguna dapat lebih leluasa dalam memilih cara pembayaran yang paling sesuai dengan kebutuhannya.
Langkah ini sekaligus menjadi bukti komitmen LRT Jabodebek dalam mendukung sistem pembayaran digital nasional dan menghadirkan mobilitas yang lebih fleksibel, aman, serta nyaman bagi seluruh pengguna.
“Ke depannya, kami akan terus mengembangkan layanan digital untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang semakin mudah dan praktis,” tutup Purnomosidi.
 Follow WhatsApp Channel Infotangerang
        Follow WhatsApp Channel Infotangerang
    

 
											 
						 
						 
						 
						 
						 
						 
							 
							 
							 
							 
							