10 Makanan untuk Penderita Asam Urat. Lengkap dengan Pantangannya!

Pola Makan yang Sehat untuk Penderita Asam Urat

Infotangerang.id–  Penderita asam urat wajib waspada terhadap beberapa makanan yang mengandung purin tinggi. Purin merupakan senyawa organik yang wajar ada di dalam tubuh.

Purin akan terurai menjadi zat limbah yang disebut asam urat. Nah, jika kadar asam urat ini terlalu tinggi, akan menyebabkan rasa nyeri dan kaku di persendian dan tendon hingga membentuk batu ginjal.

Masalahnya, penderita asam urat tidak dapat menghilangkan kelebihan asam urat ini secara efisien. Maka dari itu, diet direkomendasikan untuk para pengidap asam urat.

Diet asam urat yang baik adalah dengan pola makan yang sehat.

Berikut daftar makanan yang sehat untuk penderita asam urat:

1. Buah-buahan

Penderita asam urat sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C. Vitamin ini berfungsi untuk mengurangi kadar asam urat pada tubuh dengan menghancurkan limbah tersebut dan mengeluarkannya melalui urine.

Screenshot 2024 05 29 110219

 

 

Buah yang mengandung vitamin C tinggi, antara lain lemon, jeruk, ceri, tomat, dan lainnya.

2. Sayuran Hijau

Kadar antioksidan di dalam sayuran hijau sangat penting untuk penderita asam urat. Antioksidan dipercaya dapat mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh.

Sayuran berdaun hijau yang bisa digunakan, antara lain brokoli, pakcoy, bayam, asparagus, selada, kale, sawi hijau, dan lainnya.

3. Lentil

lentils iStock e1426011169167

Lentil merupakan biji mirip kacang hijau yang masih satu keluarga dengan kacang-kacangan. Lentil mengandung rendah purin dan protein nabati yang baik dikonsumsi para penderita asam urat.

4. Kacang dan Biji-bijian

Screenshot 2024 05 29 105316

Sama seperti lentil, kacang dan biji-bijian juga sangat aman dikonsumsi penderita asam urat karena rendah purin. Kamu bisa memasukkan berbagai produk kacang kedelai ke dalam menu diet asam urat.

5. Nasi Merah

Nasi merah merupakan makanan yang rendah kalori yang bisa membantu proses penyembuhan asam urat. Sama halnya dengan nasi putih, nasi merah juga mampu memberikan energi yang cukup untuk aktivitasmu sehari-hari.

6. Susu Skim

Susu skim pasti sudah akrab di telinga penggiat pola hidup sehat. Ternyata susu skim ini adalah minuman yang baik untuk penderita asam urat. Susu skim mengandung rendah purin yang tidak akan menambah kenaikan limbah asam urat dalam tubuh.

7. Yogurt Low Fat

Yogurt yang rendah lemak juga dipercaya dapat mengurangi resiko terkena penyakit asam urat. Yogurt low fat juga bisa membantu penurunan kadar asam urat dan memperkecil kemunculan gejala yang bisa saja menyerang tiba-tiba.

8. Telur

Telur ayam aman dikonsumsi para penderita asam urat setiap harinya. Telur yang tinggi protein ini juga ternyata rendah purin sehingga dapat mengontrol kadar asam urat, namun tetap buat kamu kenyang!

9. Kopi dan Teh Hijau

Ternyata kopi dan teh hijau bisa membantu penurunan kadar asam urat di tubuh, lho. Antioksidan yang ada pada teh hijau mampu membantu mengatasi masalah peradangan karena tingginya kadar asam urat.

Selain itu, kopi juga mengandung kafein yang memiliki kandungan metil xantin. Kandungan ini dapat menjaga kadar asam urat tetap normal.

10. Minyak Sehat

Minyak kanola, minyak kelapa, dan minyak zaitun ternyata mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Vitamin E pada ketiga minyak di atas dapat meredakan peradangan dan menjaga kadar asam urat tetap stabil.

11. Kentang

Kadar purin yang sangat rendah di dalam kentang mampu menjaga kadar asam urat dalam tubuh tetap stabil. Selain itu, kentang merupakan sumber karbohidrat yang mampu memberikan energi.

12. Roti dan Pasta

Makanan terakhir yang baik untuk asam urat adalah roti dan pasta, dengan kadar asam urat tetap stabil. Kandungan karbohidrat komplek pada dua bahan makanan ini bisa memberikan energi utama pada tubuh.

Screenshot 2024 05 29 105908

Lalu, bagaimana dengan daging? Apakah penderita asam urat boleh mengkonsumsi daging? Selain jeroan dan ikan (ikan herring, mackerel, tuna, sarden).

Kamu masih bisa menyantap daging dengan porsi tertentu, baiknya tidak lebih dari 115-170 gram. Namun tidak untuk dikonsumsi sehari-hari. Pilihan daging yang masih bisa dikonsumsi dalam jumlah tertentu adalah daging ayam, sapi, babi, domba, dan salmon kaleng.

Pantangan Asam Urat

Minum banyak air dapat membantu mengencerkan urin dan membantu tubuh membuang asam urat dengan lebih efisien. Penderita asam urat disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas air sehari.

  • Batasi konsumsi alkohol
  • Kurangi konsumsi makanan tinggi purin, seperti daging merah, unggas, makanan laut (seperti kerang, udang, dan lobster), hati, dan produk susu berlemak tinggi.
  • Menghindari sayuran tertentu yang tinggi purin, seperti asparagus, bayam, dan jamur.
  • Kurangi gula dan makanan olahan
  • Makanan dan minuman manis
  • Makanan tinggi lemak jenuh
  • Kontrol porsi dan berat badan
  • Hindari puasa atau diet yang ekstrem

Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi dan mengikuti pola makan sehat dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Penting untuk diingat bahwa pengobatan medis yang diresepkan oleh dokter juga dapat diperlukan untuk mengelola kondisi asam urat dengan efektif.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife