14 Tips Menjaga Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

Menjaga Kolesterol Usai Makan Daging Kurban

Infotangerang.id- Hidangan daging kurban seperti sate dan gule daging sapi atau kambing merupakan hal yang ditunggu dalam momen Idul Adha.

Tapi perlu diketahui, penelitian dan World Health Organization (WHO) telah mengklasifikasi daging merah sebagai karsinogenik bagi manusia. Namun tak perlu khawatir dengan efek buruk yang ditimbulkan jika kita mengonsumsi dengan secukupnya.

Nah, untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh, makanlah makanan tinggi serat. Makanan tersebut dinilai dapat larut ke dalam darah, sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat pada tubuh hingga 24 persen.

Berikut tips menjaga kolesterol usai makan daging kurban

1. Cara mengolah yang lebih sehat

Supaya kolesterol tidak naik saat Idul Adha, cara mengolah daging kurban perlu diperhatikan. Salah satunya dengan tidak menggunakan santan pada olahan daging yang anda masak.

Screenshot 2024 06 02 201642 1

Ada beragam olahan daging kurban tanpa santan yang bisa anda buat. Seperti sup daging sapi, daging bumbu kecap, daging sapi lada hitam, empal gepuk, dan lainnya.

Serta sate, tapi agar sate tetap sehat, jangan memanggang terlalu kering atau gosong dan gunakan minyak sehat seperti minyak zaitun untuk menggantikan mentega dan minyak goreng.

2. Pilih bagian daging yang tak berlemak

Selain cara mengolahnya, bagian daging sapi juga menentukan kandungan lemaknya. Karena ada beberapa bagian daging yang kandungan lemaknya tinggi. Seperti sandung lamur atau bagian iga.

Pilih bagian daging sapi has atau lulur dalam atau lulur luar yang tak berlemak. Meskipun sedikit hambar tetapi lemaknya hampir tidak ada. Diolah dengan cara ditumis atau diungkep dengan bumbu bisa perkaya rasanya.

3. Tidak makan berlebihan

Apabila anda tetap mengolah daging kurban dengan jenis daging yang berlemak dan bersantan, sebaiknya tidak makan secara berlebihan.

Cukup konsumsi dalam porsi sedang saja dalam sekali makan sebagai cara menurunkan kolesterol setelah makan daging.

Daging sapi dan kambing mengandung nutrisi penting seperti protein, mineral, dan sejumlah vitamin dan lemak. Nutrisinya tetap diperlukan tubuh tetapi perlu dikonsumsi dalam jumlah terukur.

4. Konsumsi sayuran

Cara menurunkan kolesterol setelah makan daging kurban yang selanjutnya adalah dengan imbangi konsumsi sayuran. Sebab peran sayur sangatlah penting untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat di saluran pencernaan.

Saat mengolah sate daging kambing atau sapi, sebaiknya siapkan acar mentimun segar. Karena, mentimun mengandung serat larut alami atau pektin yang membantu menurunkan kolesterol jahat.

5. Konsumsi oat dan kacang-kacangan

Screenshot 2024 06 02 213552

Cara menurunkan kolesterol setelah makan daging kurban yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi oat dan kacang-kacangan. Oatmeal merupakan makanan yang kaya akan nutrisi sekaligus sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Sedangkan kacang seperti kedelai, mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Senyawa ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh dari makanan yang dikonsumsi.

6. Roti gandum

Roti Gandung bisa menjadi salah satu cara lezat turunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan gandum dari roti ini dapat meningkatkan kadar HDL serta menurunkan jenis lemak darah yang disebut dengan trigliserida saat meningkat.

7. Teh hijau

Screenshot 2024 06 02 213342

Teh hijau memberikan tubuh kita perasaan hangat, santai, dan juga kaya dengan kandungan antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.

8. Madu

Manisnya madu ternyata juga dapat meluruhkan kolesterol pada tubuh. Madu yang dikonsumsi ini akan menyerang homocysteine, sejenis asam amino yang diketahui mampu meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah perifer dan penyakit jantung.

9. Alpukat

Alpuk at dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Buah ini mengandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

10. Bawang putih

Terdapat sejumlah manfaat dari bawang putih, mulai dari membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.

11. Apel

Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat).

Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu buah apel atau lebih sehari dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel.

12. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

13. Jus jeruk

Konsumsi dua gelas jus jeruk merupakan salah satu solusi dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jus jeruk bisa membantu menormalkan kolesterol serta membuat aliran darah selalu sehat.

14. Rutin berolahraga

Selain itu, perbanyak berolahraga setelah Idul Adha. Dengan rutin berolahraga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dari daging kurban dan justru membantu meningkatkan kolesterol baik atau High-Density Lipoprotein (HDL).

Penambahan olahraga dengan interval pendek beberapa kali sehari juga dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa latihan yang bisa menjadi pilihan antara lain, berjalan cepat, bersepeda, atau melakukan olahraga favorit lainnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang.id dan Tangselife.com