14 Warga Yordania Meninggal Saat Ibadah Haji 2024, Sebagian Karena Kepanasan

Kementerian Luar Negeri Yordania memberikan pernyataan, empat belas warga Yordania dilaporkan meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji 2024 di Arab Saudi.

Infotangerang.id- Kementerian Luar Negeri Yordania memberikan pernyataan, empat belas warga Yordania dilaporkan meninggal dunia selama pelaksanaan ibadah haji 2024 di Arab Saudi.

Enam diantaranya akibat cuaca panas mencapai 47 derajat celcius di Mekkah pada hari Minggu, 16 Juni 2024. Sementara 17 lainnya dilaporkan hilang.

Kementerian tersebut tidak menjelaskan apakah jumlah korban meninggal dunia ibadah haji yang lebih tinggi juga disebabkan oleh cuaca panas.

Ibadah haji yang akan berakhir pada Rabu, merupakan salah satu pertemuan massal terbesar di dunia, dengan lebih dari 1,8 juta jamaah diperkirakan akan ambil bagian tahun ini, menurut Otoritas Umum Statistik Arab Saudi.

“Pihak berwenang urusan haji meminta jemaah untuk membawa payung dan tetap terhidrasi di tengah kondisi yang sulit,” kata juru bicara Kementerian Kesehatan Muhammad Al-Abdulaali, menurut kantor berita negara SPA.

Tentara Saudi juga telah mengerahkan lebih dari 1.600 personel dengan unit medis khusus untuk gelombang panas dan 30 tim tanggap cepat, hingga lima ribu sukarelawan kesehatan dan pertolongan pertama lainnya ikut ambil bagian.

Kementerian Kesehatan Saudi mengeluarkan peringatan pada Kamis yang memperingatkan suhu yang melonjak dan menyarankan para jamaah untuk tetap terhidrasi dan menghindari berada di luar ruangan pada jam-jam terpanas di siang hari antara pukul 11.00 (0800 GMT) dan 15.00.

Kementerian Luar Negeri Yordania berkoordinasi dengan pihak berwenang Arab Saudi mengenai prosedur untuk menguburkan atau mengangkut jenazah korban sesuai dengan keinginan keluarga mereka, kata kementerian itu pada Minggu.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow

1 Komentar

Sudah ditampilkan semua

Komentar ditutup.