3 Program Unggulan Pemkot Tangerang dalam Peringatan Hari Lansia Nasional

Peringatan Hari Lansia di Kota Tangerang Rabu, 29 Mei 2024.

Infotangerang.id- Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) atau Hari Lansia Nasional selalu diperingati secara serentak di semua daerah pada 29 Mei 2024.

Seperti yang dilakukan Pemkot Tangerang yang memperingati Hari Lansia Nasional dengan komitmen mengoptimalkan berbagai program unggulan di bidang pelayanan lansia.

Seperti Cageur Jasa, Peri Lansia, sampai Lansia Sumringah.

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Tangerang Deni Koswara menuturkan, Pemkot Tangerang telah menyediakan berbagai pelayanan untuk menyejahterakan kelompok masyarakat lansia. Sebagai salah satu kelompok masyarakat prioritas yang harus dilayani.

Tidak hanya itu, berbagai pelayanan tersebut telah terbukti berhasil memberikan dampak positif secara signifikan, bahkan diganjar penghargaan prestisius dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami mempunyai beberapa pelayanan khusus lansia yang telah terbukti berhasil mendorong kualitas hidup para lansia, mulai dari sehat, mandiri, berumur panjang, bahkan mendorong para lansia mampu produktif membantu para lansia lainnya lewat berbagai program yang ada,” ujar Deni dilansir Situs Resmi Pemerintah Kota Tangerang, Rabu 29 Mei 2024.

Beberapa program unggulan yang bisa diakses untuk pelayanan lansia di Kota Tangerang, di antaranya:

1. Program Cageur Jasa

Program Cageur Jasa merupakan pelayanan kesehatan jemput bola yang berfokus untuk memudahkan para lansia, disabilitas, atau masyarakat yang mengalami keterbatasan akses mobilitas yang telah beroperasi sejak tahun 2017.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang akan menerjunkan petugas khusus untuk memberikan pelayanan kesehatan, mulai dari deteksi dini penyakit, pemeriksaan fisik, pengobatan penyakit dan lainnya.

42995hari lanjut usia nasional pemkot tangerang hadirkan program unggulan untuk kesejahteraan lansia 429951

2. Program Peri Lansia

Program Peri Lansia (Pendampingan Risiko Tinggi Lansia) merupakan program pendampingan (cargiver) untuk kelompok lansia melakukan kegiatan sehari-sehari.

Dinkes Kota Tangerang akan menerjukan petugas untuk memberikan pendampingan kepada setiap lansia agar mampu mempertahakan kualitas hidup yang optimal, khususnya di bidang kesehatan.

3. Program Lansia Sumringah

Program Lansia Sumringah merupakan pelayanan terpadu yang diperuntikkan untuk kelompok masyarakat lansia di Kota Tangerang.

Program ini diimplementasikan dalam berbagai bentuk pelayanan, seperti Posyandu Lansia, Puskesmas Ramah Lansia, sampai memonitor lansia terlantar di Rumah Perlindungan Sosial (RPS) Kota Tangerang.

Tercatat, program Lansia Sumringah dinobatkan sebagai Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2023 dari Kemenpan RB RI.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife