3 Syarat Mengurus KTP-el Online Lewat Sobat Dukcapil

Warga Tangerang dimudahkan dalam mengurusan KTP-el lewai Sobat Dukcapil Kota Tangerang.

Infotangerang.id- Warga Tangerang kini dimudahkan dalam kepengurusan KTP-el. Pasalnya, masyarakat dapat mengurus KTP-el dimana saja lewat online yakni Sobat Dukcapil Kota Tangerang.

Kepala Disdukcapil Kota Tangerang R. Irman Pujahendra mengatakan, telah menyediakan layanan kepengurusan dokumen KTP-el secara online dengan membuka website sobatdukcapil.tangerangkota.go.id.

“Sobat Dukcapil hadir sejak 2021 dan telah memudahkan ratusan ribu orang dalam kepengurusan administrasi kependudukan lewat genggaman yakni smartphone yang dapat dilakukan di mana saja,” ujarnya.

Adapun keuntungan mengurus KTP-el di Sobat Dukcapil ialah prosesnya yang cepat, dokumen dapat diunduh secara mandiri, proses aman dan tanpa dipungut biaya alias gratis.

“Warga Tangerang dapat melihat secara berkala proses kepengurusan KTP-el sudah sampai mana,” jelasnya.

Screenshot 2024 05 31 123154

Adapun persyaratan yang harus disiapkan bagi yang ingin membuat KTP-el di antaranya:

  1. Bagi perekaman KTP-el pemula menyertakan Kartu Keluarga, serta Akta Kelahiran/Ijazah terakhir.
  2. Bagi permohonan cetak ulang KTP-el karena rusak/hilang, dapat menyertakan kartu keluarga, surat keterangan kehilangan dari kantor kepolisian (untuk yg KTP-nya hilang)
  3. Bagi yang rusak cukup kartu keluarga dan KTP yang rusak.

“Masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini dengan baik dan jangan takut atau berpikir membuat dokumen kependudukan itu sulit. Selain lewat Sobat Dukcapil, bisa juga mengunjungi gerai layanan di mal, dan juga layanan keliling,” jelas Irman.

Tak hanya itu, melalui Sobat Dukcapil, masyarakat Kota Tangerang juga dapat melakukan administrasi kependudukan lainnya seperti Kartu Identitas Anak (KIA), kepindahan (SKPWNI), kedatangan ke Kota Tangerang (SKDWNI), Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Pengesahan Anak, hingga Akta Pengangkatan Anak.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife