3 Tips Evakuasi Diri Saat Kebakaran di Gedung Bertingkat

Tips Evakuasi Diri Saat Kebakaran di Gedung Bertingkat

Infotangerang.id Evakuasi diri saat terjadi kebakaran sangatlah penting. Terlebih belum lama dikabarkan bahwa ada tiga orang meninggal dunia pada insiden kebakaran Hotel All Nite and Day di Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Tentunya kejadian ini membuat banyak orang harus lebih waspada. Terutama karyawan yang bekerja di gedung bertingkat agar tidak terjebak saat kebakaran terjadi.

Dilansir laman resmi tangerangkota.go.id, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan, ada sejumlah trik yang patut dicoba agar tak terjebak di tengah asap maupun kobaran api.

Pertama, tetap tenang dan jangan panik, karena panik hanya akan memperburuk situasi dan membuat sulit berpikir dengan jernih.

Jika terjebak di lantai atas, hindari untuk melompat keluar dari jendela atau balkon. Cari tempat yang aman untuk menunggu bantuan datang.

Screenshot 2024 06 10 170655

Segera panggil bantuan dengan menggunakan telepon atau alarm kebakaran di dinding dan beritahu operator lokasi sebanyak mungkin detail yang bisa membantu penanganan bencana.

“Namun, jika main ke gedung tinggi yang musti dicari adalah jalan tangga darurat. Karena, bilamana ada kebakaran atau gempa, maka tangga darurat itu adalah jalan. Maka, penting diperhatikan dari awal saat masuk ke gedung bertingkat,” tegas Maryono Hasan, Senin 10 Juni 2024.

Tips agar tidak terjebak di dalam gedung saat kebakaran terjadi

1. Merangkak dan Cari Tangga Darurat

Asap yang ditimbulkan dari sebuah kebakaran akan meracuni setiap orang yang menghirupnya. Namun, asap tersebut masih bisa dihindari dengan cara merangkak.

Cara ini sangat efektif, sebab terdapat sisa oksigen yang mengalir di bagian bawah asap tersebut. Dengan begitu, mereka yang terjebak masih bisa bernapas dan mencari lokasi yang aman.

2. Gunakan Tangga Darurat

Seluruh gedung bertingkat memang diwajibkan membangun tangga darurat jika terjadi bencana. Jika masuk secara berkelompok, disarankan agar tidak panik maupun tergesa-gesa meninggalkan lokasi kebakaran.

Jika sulit menemukannya, lokasi tangga darurat biasanya ditandai dengan tanda exit dan keluar. Tak hanya itu, huruf tersebut tetap menyala sehingga bisa terlihat meski dalam keadaan gelap.

3. Dekati Jendela dan Hindari Penggunaan Lift

Jika terlanjur terjebak oleh kobaran api disarankan untuk segera mencari jendela terluar. Selain bisa mendapatkan udara segar, posisi tersebut bisa memudahkan petugas saat melaksanakan proses evakuasi.

Dilarang keras menggunakan lift saat terjadinya kebakaran. Sebab, mereka yang nekat mengoperasikan lift bisa mengalami risiko yang lebih fatal.