5 Daya Tarik Wisata Pantai Tanjung Lesung

Pulau Panaitan Ujung Kulon , Foto : instagram.com/@pelangi_ujungkulon

Banten terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Banyak wisatawan yang datang untuk berkunjung ke pantai-pantai yang ada di Banten. Salah satu pantai yang cukup terkenal adalah Pantai Tanjung Lesung yang terletak di pesisir Kabupaten Pandeglang, Banten.

Pantai Tanjung Lesung terkenal dengan pesona alamnya. Seperti pasir putih yang membentang di sepanjang bibir pantai, telah menjadi daya tarik wisatawan. Selain itu, Pantai Tanjung Lesung juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah.

Ketika kamu berkunjung kesini, maka akan disuguhkan oleh pemandangan air laut yang menenangkan jiwa. Di tepian pantai terdapat pohon – pohon kelapa yang daunnya tertiup oleh hembusan angin, membuat nuansa menjadi sejuk. Ditambah lagi dengan ombaknya yang tenang.

tanjung lesung
Foto : instagram.com/tanjunglesung_adventure

Pantai Tanjung Lesung cocok dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga. Apalagi yang memiliki anak kecil, tentu mereka akan senang bermain-main pasir di pantai. Misalnya membuat boneka salju dari pasir pantai atau bermain air dipinggiran pantai. Namun, perlu diingat jika membawa anak-anak ke tempat wisata air harus selalu dalam jangkauan pengawasan orang tua.

Lokasi dan Aksesibilitas

Alamat Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang atau berada di sebelah barat Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Untuk sampai ke tempat ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan roda empat melalui jalur tol.

Akses ke tempat ini cukup mudah, bagi wisatawan yang berasal dari Jabodetabek bisa melewati jalan tol Jakarta – Merak, kemudian keluar di gerbang tol Cilegon. Selanjutnya, perjalanan dilakukan dengan melewati jalanan arah Pantai Anyer – Carita – Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung. Wisatawan juga bisa melewati akses tol Tangerang – Merak dan keluar di gerbang tol Serang Timur. Kemudian, melanjutkan perjalanan ke arah Pandeglang – Panimbang – Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung.

Di sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan pantai-pantai lainnya yang juga tidak kalah eksostis, seperti pantai carita dan pantai anyer. Kedua pantai tersebut merupakan juga destinasi favorit para wisatawan. Sebelum sampai ke Pantai Tanjung Lesung, kapan dapat berhenti sejenak di Pantai Carita dan Anyer untuk mengabadikan foto.

Harga Tiket Masuk (HTM) Tahun 2021

Setelah melanjutkan perjalanan, sesampainya kamu di Pantai Tanjung Lesung, terdapat beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Adapun rincian biayanya sebagai berikut :

HTM Weekday            : Rp. 25.000

HTM Weekend            : Rp. 40.000

Parkir Kendaraan        : Rp. 5.000

Wisatawan perlu membayar tiket masuk, hal ini digunakan untuk pemeliharaan dan pengelolaan tempat wisata Pantai Tanjung Lesung. Selain itu, pemasukan yang diperoleh dari tempat wisata juga berfungsi sebagai retribusi untuk pendapatan daerah. Oleh karenanya, semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung maka akan semakin baik, untuk mengenalkan wisata Banten.

Sekilas Tentang Pantai Tanjung Lesung

Kawasan Wisata Tanjung Lesung saat ini sedang digagas untuk menjadi kawasan ekonomi khusus bertaraf internasional. Luas wilayah Pantai Tanjung Lesung mencapai 1500 hektar. Pantai Tanjung Lesung terus dikembangkan karena memiliki potensi yang bagus untuk kemajuan destinasi wisata di Banten.

Pantai Tanjung Lesung merupakan pintu masuk untuk wisata Banten lainnya, seperti Taman Nasional Ujung Kulon dan Pulau Krakatau. Sebagai gerbang masuk, maka pesona alam yang disuguhkan oleh Pantai Tanjung Lesung tidak diragukan lagi. Fasilitas – fasilitas pendukung juga terus dikembangkan untuk menunjang kebutuhan wisatawan, diantaranya : water sport, hotel, beach club, diving centre, pusat kebudayaan mongolia, dan lapangan golf.

Daya Tarik Pantai Tanjung Lesung

  1. Water Sport

Berbagai wahana olahraga air telah disediakan di Pantai Tanjung Lesung. Wisatawan bisa memilih permainan yang paling disenangi. Dengan adanya water sport ini membuat wisatawan semakin ramai berkunjung.

tanjung lesung 2
Foto : Instagram.com/@omatomatomat

2. Pantai pasir putih yang eksotis

Pantai Tanjung Lesung terkenal dengan keindahan pasir putihnya. Biasanya wisatawan yang membawa keluarga akan mengajak keluarganya bermain air di pasir pantai sambil menikmati pemandangan air laut yang biru dengan angin yang sejuk.

tanjung lesung 3
Foto : Instagram.com/@dimul75

3. Pemandangan bawah laut yang indah

Salah satu favorit wisatawan jika berkunjung ke tempat ini adalah melakukan aktifitas diving dan snorkeling. Pantai Tanjung Lesung terkenal dengan pemandnagan bawah laut yang indah. Pesona terumbu karang yang dihuni oleh ikan-ikan hias bisa kamu temukan disini.

4. Sunrise dan Sunset

Masih kurang rasanya jika berkunjung ke pantai namun tidak menikmati sunset pada sore hari. Pantai adalah tempat yang tepat untuk melihat langsung indahnya pemandangan matahari tenggelam pada sore hari. Langit yang membentang luas tanpa terhalang oleh apapun, membuat mata yang memandang terpesona dengan warna sunset sore hari.

tanjung lesung 4
Foto : Instagram.com/@dimul75

5. Wisata Lanjutan

Lokasi Pantai Tanjung Lesung yang dekat dengan berbagai objek wisata lainnya memudahkan wisatawan untuk bekunjung ke beberapa tempat. Beberapa destinasi wisata yang tidak jauh dari tempat ini, meliputi : Pulau Panaitan Ujung Kulon, Kampung Baduy, Wisata Krakatau, Pantai Carita dan Pantai Anyer.

Pantai tanjung lesung 2
Foto : instagram.com/ @patricia_r98

Setelah seharian puas berkeliling wisata di Pantai Tanjung Lesung, perut mulai terasa lapar. Pas sekali, kamu bisa menikmati berbagai sajian makanan yang dijual di warung – warung makan dekat pantai maupun di restaurant – restaurant seafood yang banyak di temukan di Tanjung Lesung.

Jika lelah dan ingin bermalam, di sekitar lokasi Pantai Tanjung Lesung juga disediakan sewa penginapan. Ada beberapa jenis penginapan terdekat yang bisa kamu pilih, seperti : Villas, TL Beach Cottage dan Backpacker Tent. Kamu juga bisa bermalam di hotel yang banyak ditemukan di dekat Pantai Carita dan Pantai Anyer. Jadi kamu tidak perlu khawatir soal penginapan karena semuanya lengkap di sini.

Yuk ajak keluarga dan teman-teman kalian berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung. Jangan lupa juga ya untuk selalu menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) agar terhindar dari Virus COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *