Simak 6 Cara Mengembalikan Video TikTok yang Hilang

Ilustrasi Aplikasi Video TikTok

InfoTangerang.id- Aplikasi video TikTok yang diluncurkan Zhang Yiming pada September 2016 lalu, merupakan aplikasi jejaring sosial sekaligus platform berbagi video musik asal Tiongkok tengah viral di kalangan content creator, influencer, public figure hingga orang biasa.

Bukan sekedar untuk hiburan, konten-konten di aplikasi video TikTok juga banyak yang mengedukasi dan menjadi tempat terbaik orang kreatif atau sekedar ingin cari hiburan. Bahkan sekarang juga bisa berpromosi dan mendapat keuntungan sekaligus.

Nah, kali ini kita akan membahas cara-cara mengembalikan video TikTok yang hilang atau tidak sengaja terhapus. Berikut caranya:

1.Periksa Perangkat Lain

Jika Anda menggunakan TikTok di beberapa perangkat, langkah pertama untuk menemukan draf video TikTok yang hilang adalah memeriksa perangkat Anda yang lain. Folder draf adalah alat yang berguna untuk menimbun konten guna menjadwalkan postingan untuk nanti di TikTok. Namun, tidak jarang terjadi kehilangan draft.

Draf TikTok disimpan secara lokal. Artinya, draf disimpan di perangkat tempat Anda membuat draf. Jadi jika Anda membuat video TikTok dan menyimpannya ke draf di iPad Anda, draf tersebut tidak akan muncul di folder draf aplikasi TikTok iPhone Anda.

Meskipun Anda masuk ke akun yang sama di kedua perangkat, draf Anda hanya akan disimpan ke perangkat asli tempat draf tersebut dibuat. Folder draf ini dapat ditemukan di halaman profil TikTok Anda. Draf muncul di slot video pertama, menampilkan berapa banyak draf di folder Anda pada waktu tertentu.

2.Cari Melalui Rol Kamera

Meskipun TikTok tidak mengizinkan Anda menyimpan draf ke rol kamera, Anda dapat mengunggah video dari rol kamera untuk digunakan dalam video TikTok Anda. Jika Anda kehilangan draf TikTok, tetapi dapat menemukan video asli di rol kamera Anda, ini dapat membantu Anda membuat ulang video TikTok yang pernah hilang.

Jangan lupa untuk memeriksa folder Anda yang baru saja dihapus di aplikasi foto iPhone atau galeri Android jika Anda kesulitan menemukan video yang Anda unggah ke TikTok.

3.Masuk ke Akun TikTok

Ada banyak cara untuk log in ke akun TikTok. Mulai dari masuk dengan nomor telepon, email atau username akun TikTok-mu, Facebook, Apple, Google, Twitter atau Instagram.

Jika sudah berhasil masuk, klik menu Profile, kemudian tekan menu Oke.

Lalu klik ikon tiga garis di bagian kanan atas Pilih ‘Settings and privacy’ Klik ‘Report a Problem’ Pilih topik ‘Videos and sounds’ Klik ‘Missing video’ Pilih ‘My video was removed due to violating Community Guidelines’ jika video terhapus karena tidak sesuai ketentuan TikTok Bila video terhapus karena alasan lain, pilih ‘Other’ Pilih ‘Need more help’ untuk menuliskan detail pengaduan Klik ‘Submit’.

4.Opsi Privacy and Setting

Setelah masuk ke akun TikTok dan mengklik menu Profile, kemudian bisa lanjut dengan memilih opsi Privacy and Setting. Selanjutnya akan muncul pilihan Report a Problem. Nah, tekanlah opsi itu untuk mengembalikan video TikTok yang terhapus karena tidak sengaja. Lalu langkah berikutnya, bisa menekan opsi Account Issue.

5.Tuliskan Masalah yang dialami

Isi email di kolom yang tersedia, kemudian tuliskan apa yang jadi keluhan. Misalnya “Saya mendapatkan video di akun TikTok saya terhapus. Mohon bantuannya.”

Tapi sangat-sangat direkomendasikan untuk menjelaskan masalah dalam bahasa Inggris. Poin paling penting adalah ungkapkan keluhan dengan jelas dan sederhana. Setelah yakin, bisa langsung klik Send.

6.Tunggu Balasan dari Pihak TikTok

Trik terakhir dalam cara mengembalikan video TikTok yang terhapus adalah menunggu balasan dari pihak TikTok. Balasan dari tim support biasanya langsung dikirimkan melalui alamat email yang kita sertakan saat melaporkan masalah.

Cukup dengan mengklik link yang tercantum di email. Itu adalah link video yang sebelumnya terhapus. Perlu diperhatian, link ini cuma berlaku selama 30 hari sejak dikirimkan. Jadi, pastikan selalu mengecek email masuk supaya video TikTok yang terhapus bisa segera dikembalikan. Cara mengembalikan video TikTok yang terhapus ini tidak menjamin video akan kembali seperti semula. Namun, cara ini cukup layak dicoba.