7 Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit, Cocok Untuk Diet

7 Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit, Cocok Untuk Diet

Infotangerang.id– Memiliki perut yang tampak besar atau buncit akibat kelebihan lemak pasti membuat siapa pun merasa kurang percaya diri karena penampilan menjadi kurang menarik, sehingga memotivasi keinginan untuk diet.

Terutama bagi wanita, penampilan area perut yang buncit amat sangat dihindari.

Namun, kini perut buncit bisa diatasi dengan mengonsumsi beberapa buah yang enak dan segar.

Melansir dari kompas.com, ahli gizi University Ali Khomsan mengatakan bahwa mengonsumsi buah secara teratur dapat membantu mengecilkan perut buncit.

Hal ini karena, buah tidak memiliki kandungan lemak dan kalori sehingga dapat menjadi salah satu strategi untuk mengurangi resiko perut buncit.

Mengkonsumsi buah secara rutin bisa membuat seseorang terhidar dari makanan yang mengandung kandungan lemak dan kalori tinggi.

Hal itu tentu akan membantu meminimalisir penumpukan lemak di area perut.

Namun, konsumsi buah juga harus dihindari dengan olahraga sehingga perut buncit bisa diatasi.

Berikut 7 Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Buah memang dikenal sebagai salah satu makanan kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Melansir dari beberapa sumber, beberapa buah bisa membantu mengatasi perut buncit di saat sedang menjalankan program diet.

Karena diet saja tidak cukup untuk mengecilkan perut buncit, diperlukan pola hidup sehat yang juga mencakup konsumsi buah-buahan.

Jadi, buah-buahan apa saja yang bisa membantu mengatasi perut buncit?

Berikut 7 jenis buah yang dapat dimasukkan ke dalam menu harian saat sedang diet untuk mengatasi perut buncit.

1. Apel

Mengecilkan Perut Buncit

Buah pertama yang ampuh untuk mengecilkan perut buncit adalah apel.

Apel mengandung banyak serat makanan, terutama pektin, yang dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Dengan kandungan kalori yang rendah, apel merupakan camilan yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Antioksidan dalam apel, seperti quercetin dan flavonoid, berperan dalam mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan metabolisme, yang dapat berkontribusi pada pengurangan lemak di area perut.

2. Buah Beri

Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Buah beri ini sejenis seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry, yang kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat.

Kandungan serat yang tinggi dalam buah beri membantu mengatur pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi risiko makan berlebihan.

Selain itu, buah beri memiliki indeks glikemik yang rendah, artinya tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang signifikan, yang membantu mengontrol insulin dan mengurangi penyimpanan lemak.

Hal tersebutlah yang membuat buah kecil ini cocok dikonsumsi saat diet.

3. Pisang

Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Bertentangan dengan kepercayaan umum, pisang sebenarnya bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Pisang merupakan sumber potasium yang sangat baik untuk membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam tubuh, serta mengurangi retensi air dan kembung.

Selain itu, pisang mengandung pati resisten, yaitu jenis karbohidrat yang membantu meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi penyimpanannya.

Mengonsumsi pisang tentu dapat membuat Anda merasa kenyang dan puas, sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebihan dan membantu mengurangi lemak di perut.

4. Nanas

Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Buah selajutnya yang ampuh untuk mengatasi perut buncit adalah nanas.

Nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang membantu pencernaan serta mengurangi kembung dan peradangan.

Buah tropis ini juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang mendukung kesehatan metabolisme dan membantu mengurangi lemak dalam tubuh.

Kandungan air yang tinggi dalam nanas membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membuat Anda merasa kenyang, sehingga dapat mengendalikan nafsu makan yang berlebihan.

5. Semangka

Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Semangka adalah buah yang menyegarkan dengan kandungan air yang tinggi dan rendah kalori.
Mengonsumsi semangka dapat membantu Anda merasa kenyang dan terhidrasi.

Penelitian menunjukkan bahwa semangka juga dapat membantu mengatur tekanan darah pada orang yang kelebihan berat badan, berkat kandungan asam aminonya.

6. Kiwi

Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Kiwi adalah buah yang kaya nutrisi, mengandung serat, vitamin, dan antioksidan.

Serat dalam kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah kembung, sementara rendahnya kandungan kalorinya membuatnya menjadi tambahan yang ideal untuk program penurunan berat badan.

Tidak hanya itu, kiwi juga mengandung actinidin, sebuah enzim yang mendukung pencernaan dan kesehatan saluran pencernaan, serta membantu mengurangi lemak di area perut.

7. Alpukat

Buah Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Alpukat sering disebut sebagai makanan yang sangat baik karena kandungan nutrisinya yang kaya.

Meskipun sebenarnya termasuk dalam kategori buah, alpukat memiliki keistimewaan karena mengandung banyak lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal.

Lemak tersebut dapat membantu mengurangi lemak di area perut dengan cara meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Selain itu, alpukat juga kaya serat yang mendukung pencernaan dan mencegah kembung, sehingga membantu menjaga perut tetap datar.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife