9 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Alpukat kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat. (foto dok. ilustrasi)

Infotangerang.id– Alpukat adalah buah yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah ini mengandung lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh.

Berikut adalah 9 manfaat buah alpukat untuk kesehatan:

  1. Menjaga kesehatan jantung – Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan stroke.
  2. Mengelola berat badan – Alpukat mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu Anda mengontrol berat badan atau menurunkan berat badan.
  3. Meningkatkan kesehatan pencernaan – Alpukat mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.
  4. Menjaga kesehatan mata – Alpukat mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang dapat membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas.
  5. Menjaga kesehatan kulit – Alpukat mengandung vitamin E, yaitu antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
  6. Meningkatkan penyerapan nutrisi – Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu tubuh menyerap vitamin larut lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K.
  7. Meningkatkan fungsi otak – Alpukat mengandung asam folat, vitamin K, dan vitamin B kompleks yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak.
  8. Membantu mengurangi peradangan – Alpukat mengandung lutein, zeaxanthin, dan vitamin E yang dapat membantu mengurangi peradangan.
  9. Membantu menurunkan risiko kanker – Alpukat mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker.

Alpukat adalah buah yang serbaguna dan dapat dinikmati dengan berbagai cara. Buah ini dapat dimakan langsung, dicampurkan ke dalam salad, atau digunakan untuk membuat berbagai hidangan, seperti smoothie, jus, dan guacamole.

Berikut tips untuk memilih buah alpukat yang matang:

  • Kulitnya berwarna hijau tua dan mengkilap.
  • Jika Anda menekan buahnya, Anda akan merasakan sedikit tekanan.
  • Jika Anda memotong buahnya, dagingnya akan berwarna kuning kehijauan dan lembut.

Anda dapat menyimpan buah alpukat matang di lemari pendingin selama 3-5 hari. (*/ASN)