7 Rekomendasi Wisata Alam di Tangerang Paling Ideal Bagi Penduduk Jakarta

Infotangerang.id– Ini dia rekomendasi Wisata Alam di Tangerang yang bisa jadi destinasi bersantai dari hiruk pikuk aktivitas di Jakarta.

Rekomendasi wisata alam di Tangerang ini bisa jadi opsi ideal bagi penduduk Jakarta yang ingin bersantai tanpa harus menghabiskan waktu lama di perjalanan.

Jarak tempuh dari Jakarta ke Tangerang yang tidak terlalu jauh membuat wisata Alam di Tangerang cocok jadi pilihan liburan.

Wisata alam di Tangerang juga memiliki jarak tempuh yang dekat dengan Jakarta, memungkinkan wisatawan menikmati berbagai atraksi menarik tanpa harus merencanakan perjalanan yang jauh.

Meskipun Tangerang dikenal sebagai pusat industri, namun Tangerang juga memiliki beragam tempat wisata alam yang menarik untuk dieksplorasi.

Inilah beberapa wisata alam di Tangerang yang ideal untuk menyegarkan pikiran Anda, mulai dari opsi yang ramah di kantong hingga tempat-tempat yang sedang populer dan bahkan permata tersembunyi.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi artikel ini lebih lanjut agar Anda dapat menemukan wisata alam di Tangerang yang sempurna untuk liburan yaaa.

Rekomendasi Wisata Alam di Tangerang

Menurut hasil pencarian yang populer di Google dan beberapa situs perjalanan, berikut adalah beberapa rekomendasi wisata alam di Tangerang yang dapat Anda kunjungi untuk healing atau datang bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Pantai Tanjung Pasir

Wisata Alam di Tangerang

Menurut situs resmi Desa Tanjung Pasir, destinasi wisata ini tergolong sebagai salah satu yang paling populer di daerah tersebut.

Pantai dengan pasir abu-abu dan ombak yang tenang menjadi pilihan ideal bagi wisatawan yang ingin sejenak menyembuhkan diri dari kesibukan ibu kota.

Pantai Tanjung Pasir terletak di Jalan Tanjung Pasir, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Banten. Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berfoto di spot yang instagramable, menikmati sinar matahari, atau bermain pasir.

Untuk arga Tangerang, destinasi ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 30-40 menit dari pusat kota Tangerang dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Sementara itu, dari pusat Jakarta, perjalanan menuju Pantai Tanjung Pasir membutuhkan waktu sekitar 1 jam 35 menit dengan kendaraan bermotor.

Tarif masuk ke Pantai Tanjung Pasir juga ekonomis. Anda hanya akan dikenakan biaya Rp 20 ribu per orang baik saat akhir pekan maupun hari biasa, baik untuk pengunjung yang datang dengan mobil maupun motor.

Namun, menurut beberapa situs perjalanan, tarif masuk untuk kendaraan bermotor berbeda.

Pengunjung yang datang dengan motor akan dikenai tarif masuk sebesar Rp 25 ribu untuk kendaraan dan penumpang.

Sedangkan untuk pengunjung yang datang dengan mobil, tarif masuk adalah Rp 20 ribu ditambah Rp 10 ribu untuk setiap penumpang tambahan.

Pantai Tanjung Pasir dapat diakses oleh pengunjung selama 24 jam setiap harinya. Namun, perlu diingat bahwa wahana dan fasilitas di pantai mungkin tidak tersedia setiap saat.

Tebing Koja

Wisata Alam di Tangerang

Tebing Koja adalah bekas tambang pasir yang kini telah diubah menjadi objek wisata.

Tempat ini menawarkan panorama tebing dengan ketinggian sekitar 25-30 meter, disertai dengan kolam air dan padang rumput yang hijau.
Banyak pengunjung menggambarkan tempat ini mirip dengan lokasi yang sering muncul dalam film-film Godzilla.

Itu sebabnya Tebing Koja juga sering disebut dengan kandang Godzilla.

Wisata Tebing Koja terletak di Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten. Akses ke lokasi ini pun cukup mudah dan dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi.

Jika Anda ingin mencoba untuk datang ke Kandang Godzilla ini, Anda cukup siapkan uang sebesar Rp 5.000 per orang.

Tetapi itu bukanlah harga yang pasti, karena kemungkinan harganya dapat berubah sewaktu-waktu. Wisata Tebing Koja juga buka setiap hari dengan jam operasional 24 jam.

Telaga Biru Cisoka

Wisata Alam di Tangerang

Tidak berbeda dengan Tebing Koja, Telaga Biru Cisoka juga merupakan bekas galian tambang pasir.

Bekas galian tersebut yang ditinggalkan begitu saja setelah operasional pertambangan berhenti, kemudian terisi oleh air hujan.

Seiring berjalannya waktu, air kemudian memenuhi bekas galian tersebut hingga membentuk sebuah telaga dengan air yang jernih berwarna biru.

Destinasi wisata indah tersebut berada di Jalan Ciragu Cisoka, Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Bagi yang ingin mengunjunginya, bisa dengan menggunakan transportasi umum mauun kendaraan pribadi.

Dikutip dari beberapa situs, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk masuk ke tempat wisata tersebut.

Namun, untuk yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Untuk mobil akan dikenakan biaya parkir Rp 10.000 dan motor Rp 5.000

Telaga Biru Cisoka ini buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB.

Kebun Latte

Wisata Alam di Tangerang

Kebun yang berlokasi di Jl. Haji Jamat No. 12LA, Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan ini, merupakan salah satu tempat nongkrong baru yang ada di Tangerang,

Tempat ini menawarkan hawa sejuk dari banyaknya pepohonan dan menyuguhkan panorama alam yang menawan sekaligus memanjakan.

Tidak ada tiket masuk atau biaya yang dikenakan jika ingin memasuki daerah tersebut.

Namun, Anda bisa mencicipi berbagai makanan dan minuman yang ada. Anda hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 15.000.

Kebun Latte ini buka setiap hari dari mulai pukul 14.00 sampai dengan pukul 22.00 WIB.

Situ Cipondoh

Wisata Alam di Tangerang

Situ, mirip dengan danau meskipun biasanya lebih kecil dan menampung air hujan yang melimpah.

Situ Cipondoh, seperti yang dikutip dari sebuah tulisan berjudul “Analisis Potensi Situ Cipondoh Sebagai Destinasi Wisata di Kota Tangerang,” merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat populer di kalangan penduduk setempat.

Lokasinya yang strategis membuat Situ Cipondoh mudah dijangkau oleh wisatawan. Selain itu, Situ Cipondoh juga dilengkapi dengan berbagai wahana, fasilitas, dan spot foto yang sangat menarik untuk diabadikan.

Situ Cipondoh terletak di Jalan KH Hasyim Ashari No. 99, RT 002 RW 009, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati suasana sejuk, area yang nyaman untuk berolahraga, dan berbagai jenis kuliner.

Akses menuju Situ Cipondoh dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Lokasinya yang berada tepat di depan kantor Kecamatan Cipondoh ini, tentunya memudahkan pengunjung untuk menemukan destinasi ini.

Menurut salah satu situs, para pengunjung Situ Cipondoh tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Namun, mereka diwajibkan membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000.

Di sisi lain, beberapa situs perjalanan menjelaskan bahwa tarif parkir untuk motor dan mobil berbeda.

Biaya parkir untuk motor adalah Rp 3.000, sementara untuk mobil sebesar Rp 5.000. Selain itu, pengunjung juga mungkin dikenakan biaya tambahan jika ingin memanfaatkan wahana dan fasilitas yang tersedia di Situ Cipondoh.

Meskipun Situ Cipondoh dapat diakses oleh pengunjung setiap saat selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, namun sarana dan fasilitas di area tersebut memiliki jam operasional yang terbatas.

Danau Cihuni

Wisata Alam di Tangerang

Wisata alam di Tangerang yang paling ideal dikunjungi berikutnya adalah danau Cihuni,

Danau ini menawarkan pemandangan yang memesona dengan pohon-pohon pinus dan padang rumput hijau yang melingkupi sekitarannya.

Di Danau Cihuni, Anda juga dapat menemukan berbagai jenis ikan penyuka air tawar, hal inilah yang menjadikannya tempat yang populer untuk kegiatan memancing.

Danau Cihuni terletak di Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Jawa Barat. Terdapat beberapa informasi yang berbeda terkait biaya masuk danau Cihuni.

Beberapa menyatakan bahwa pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 20.000, sementara yang lain menyebutkan bahwa tiket masuk gratis.

Namun, pengunjung diwajibkan membayar biaya parkir, yakni Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk motor.

Danau Cihuni buka setiap hari selama 24 jam.

Taman Mangrove Ketapang

Wisata Alam di Tangerang

Tangerang memiliki destinasi wisata mangrove baru yang dibuka resmi pada bulan Januari 2023.

Taman ini difokuskan sebagai tempat wisata edukasi yang memperkenalkan beragam jenis tanaman mangrove serta biota laut air payau lainnya kepada pengunjung.

Tempat ini terletak di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Letaknya berdekatan dengan kawasan pemukiman penduduk pesisir di Ketapang.

Harga tiket masuk untuk pengunjung dewasa di Taman Mangrove Ketapang adalah Rp 15.000, sedangkan untuk anak-anak Rp 10.000.

Selain itu, pengunjung juga dikenakan biaya parkir yang bervariasi tergantung jenis kendaraan.

Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp 8.000, mobil Rp 15.000, dan bus Rp 50.000. Taman Mangrove Ketapang buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Namun, pada hari Jumat, taman ini tutup lebih awal, yaitu pukul 17.30 WIB.