InfoTangerang.id– Google merupakan situs pencari yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat dunia. Bahkan tanpa kehadiran Google, penggunaan internet bisa mengalami penurunan signifikan. Google pun dengan mudah memantau pergerakan pemilik akunnya di internet dengan tujuan memudahkan dalam memberikan rekomendasi dan pengalaman terbaik.

Google menekankan kepada penggunanya bahwa data banyak orang yang disimpan bersifat rahasia dan dikelola dalam bentuk meta-data. Artinya, tidak ada seorang pun yang bisa mengetahui secara detail dan spesifik aktivitas pengguna di Google.

Namun, tidak semua orang rela setiap pergerakannya di internet dipantau dan disimpan oleh Google, meskipun Google menjamin kerahasiaan data, termasuk pengaturan lokasi. Sebagai pengguna layanan dan produk Google bisa tenang, karena fitur pencarian lokasi atau Google Maps ini bisa dimatikan.

Cara tersebut bukan berarti data pelacakan yang tersimpan Google akan terhapus, tapi Google tidak akan lagi menyimpan informasi seperti lokasi setelah fitur dimatikan dan rekomendasi penelusuran yang hadir juga kurang bermanfaat dan pengalaman personal menggunakan produk Google akan menghilang.

Cara Mematikan Pelacakan Google di Android

  1. Pengguna cukup membuka menu ‘Setelan’ atau ‘Pengaturan’,
  2. Kemudian klik menu ‘Google’ pada bagian pengaturan android google.
  3. Selanjutnya, klik ‘Akun Google’.
  4. Pada bagian akun google android Klik tab “Data & personalisasi”. Pada bagian ini anda akan melihat tombol untuk membuka ‘Aktivitas Web & Aplikasi’ dan ‘Riwayat Lokasi’.
  5. Kemudian buka keduanya dan matikan. Maka secara otomatis kontrol aktivitas android Google Anda sudah siap dinonaktifkan.

Cara Mematikan Pelacakan Google di iOS atau iPhone

  1. Pengguna iOS dapat membuka menu ‘Kontrol Aktivitas’ dengan mengaksesnya padanlaman https://myaccount.google.com/activitycontrols di browser
  2. Kemudian masuk ke akun menggunakan kredensial pengguna
  3. Lalu hapus centang pada tombol ‘Aktivitas Web & Aplikasi’ di halaman tersebut.
  4. Selanjutnya, gulir ke bawah sedikit dan hapus centang pada tombol ‘Riwayat Lokasi’ riwayat lokasi iphone
  5. Maka setelah menerapkan langkah tersebut, secara otomatis aktisifasi akun Google iOS anda sudah dinonaktifkan.

Cara mematikan layanan lokasi di Google Chrome:

  1. Buka Chrome.
  2. Ketuk tiga titik di pojok kanan atas untuk mengakses menu, lalu pilih Pengaturan.
  3. Gulir ke bawah dan ketuk Pengaturan situs.
  4. Pilih lokasi.
  5. Di submenu di sebelah Lokasi, Anda akan menemukan tombol pengalih di sebelah kanan.
  6. Pilih untuk mematikan layanan lokasi.

Maka akan terlihat konfirmasi bahwa pengaturan lokasi telah diubah dan riwayat lokasi tidak aktif. Baru kemudian pilih Mengerti untuk kembali ke menu Google, dan keluar dari pengaturan.

Jika ingin mematikan riwayat lokasi dan menghapus semua data sebelumnya, pilih Matikan dan hapus aktivitas dari menu tarik-turun. Kemudian, ikuti langkah-langkah untuk menonaktifkan layanan dan menghapus riwayat data.

Setelah menonaktifkan riwayat lokasi di akun Google, perubahan berlaku untuk semua perangkat yang ditautkan ke akun tersebut. Kemampuan Google untuk melacak data lokasi ini saat menggunakan layanannya, kini telah berkurang.

Jika pengguna ingin melarang Google Maps mengakses riwayat lokasi, atau mungkin ingin menghapus beberapa pencarian sebelumnya. Ikuti langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengaturnya:

  1. Buka aplikasi Google Maps.
  2. Ketuk gambar profil kita di sudut kanan atas.
  3. Pilih Data kita di peta dari menu.
  4. Gulir ke bawah ke Riwayat Lokasi. Ada indikator yang bertuliskan “hidup”. Ketuk panah di sebelah kanan indikator.
  5. Temukan bagian Riwayat Lokasi, lalu pilih Matikan. Kita akan melihat konfirmasi bahwa layanan lokasi telah dimatikan di Google Maps.
  6. Seperti halnya aplikasi Google, kita juga dapat memilih opsi tarik-turun Matikan, menghapus data yang tersimpan dan menghapus akses lokasi Google.

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor