Infotangerang.id- Media sosial tengah dihebohkan dengan sebuah foto yang memperlihatkan lima pemuda Nahdliyin berpose bersama Presiden Israel Isaac Herzog, bahkan menjadi trending topik di X.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menegaskan bahwa pertemuan tersebuut bukan atas nama PBNU maupun Pemerintah Indonesia.

“Kita tegaskan itu bukan atas nama PBNU dan pemerintah Indonesia. PBNU akan segera memberikan pernyataan resmi dan kabar ke Kemenag terkait polemik tersebut dan akan disikapi kok oleh PBNU,”ujar Saiful di Istana Wapres, Jakarta, Selasa 16 Juli 2024.

PBNU Panggil 5 Tokoh Pemuda Nahdliyin

“Yang bersangkutan akan dipanggil untuk dimintai keterangan dan penjelasan lebih dalam tentang maksud tujuannya, latar belakang, dan siapa yang memberangkatkan, serta hal-hal prinsip lainnya,” ujar Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul

PBNU juga segera memanggil pimpinan badan otonom (banom), serta lembaga yang menjadi pengabdian dari kelima orang tersebut.

“Jika ditemukan unsur pelanggaran organisasi, maka bukan tidak mungkin kelima orang itu akan diberhentikan dari statusnya sebagai pengurus lembaga atau banom. Kelima orang tersebut tidak mendapat mandat PBNU, dan juga tidak pernah meminta izin ke PBNU,” bebernya.

Menurut dia, kepergian lima orang itu ke Israel adalah tindakan yang sangat tidak bijaksana di tengah situasi yang memanas antara Israel dan Palestina. Apalagi, lanjut dia, NU sebagai organisasi berada di barisan depan mengutuk serangan terus-menerus yang dilakukan Israel.

“Kepergian mereka ke Israel adalah tindakan yang sangat-sangat tidak bijaksana, membingungkan, dan mendapatkan banyak kecaman yang nyata. Kunjungan itu juga melukai perasaan kita semua,” ungkapnya.

Mereka Tak Paham Geopolitik “Kepergian mereka ke Israel mendapatkan banyak kecaman yang nyata. Kunjungan itu juga melukai perasaan kita semua,” tandas Gus Ipul.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor