Infotangerang.id- Minuman sehat tentunya berperan penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imun, terlebih dalam menjaga kesehatan dengan banyaknya aktivitas sehari-hari.

Sistem imun membutuhkan dosis vitamin dan mineral yang sehat. Salah satu caranya yaitu dengan meminum minuman yang kaya akan nutrisi dan antioksidan.

Minuman sehat dan seimbang akan memberi tubuh kita kekuatan untuk tidak rentan terkena penyakit.

Dikutip berbagai sumber, Infotangerang.id merangkum beberapa minuman penambah imun tubuh, seperti:

Minuman Penambah Imun Tubuh

1. Infused Water

Screenshot 2024 07 22 200147

Infused Water adalah minuman penambah imun tubuh yang terbuat dari air putih biasa dengan potongan buah. Minuman ini baik untuk menjaga tubuh tetap bekerja dengan baik.

Ada banyak pilihan buah yang bisa digunakan, seperti jeruk, stroberi, beri, hingga timun. Serta beberapa buah juga bisa dikombinasikan.

2. Campuran Air Lemon dan Madu

Menambahkan lemon ke dalam air akan memberikan beberapa manfaat nutrisi. Pasalnya, lemon banyak mengandung vitamin C, yang membantu mendukung kekebalan tubuh.

Lemon juga berperan dalam menyerap zat besi dari makanan nabati seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

Screenshot 2024 07 22 200332

Sementara madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi, dan antioksidan. Perpaduan keduanya akan membantu menambah sistem imun tubuh.

3. Susu Almond

Susu almond kaya akan vitamin B12 yang berperan dalam membantu sistem kekebalan tubuh dan membantu mengurangi rasa lelah.

Screenshot 2024 07 22 201020

Satu gelas susu almond bisa memenuhi setengah dari kebutuhan vitamin B12 harian kita. Selain vitamin B12, susu ini juga mengandung vitamin E, sebagai antioksidan alami untuk membantu melindungi sel dari radikal bebas.

4. Teh Jahe

20200831054617Teh Jahe

Dikenal sebagai pilihan minuman untuk menghangatkan badan, nyatanya teh jahe juga membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Kandungan anti-inflamasi dan anti-oksidatif dari teh jahe juga bisa membantu mendukung imun.

5. Jus atau Smoothie

Biar badan fit kamu juga bisa minum jus atau smoothie. Kamu juga bisa menambahkan atau menggabungkan buah-buahan dan sayuran, untuk membantu mendukung sistem kekebalan tubuh saat kondisi sedang sehat atau sakit.

Screenshot 2024 07 22 200721

Campuran jus untuk menambah imun tubuh:

  • Jus wortel, apel, dan jeruk.
  • Jus campuran buah ber, wortel, apel, dan jahe (opsional).
  • Jus tomat.
  • Jus campuran stroberi dan kiwi.
  • Jus stroberi dan mangga.
  • Jus semangka.

Nah, berikut minuman sehat alami untuk membatu menjaga imun tubuh. Silahkan dicoba!

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor