Infotangerang.id- Alumni ESMOD Jakarta meriahkan gelaran Jakarta Fashion & Food Festival atau JF3 2024 yang berlangsung di Summarecon Mall Serpong Jumat, 2 Agustus 2024.

Sebagai pionir pendidikan fashion dunia, ESMOD melalui ESMOD Jakarta telah berhasil menciptakan desainer yang menghasilkan busana yang banyak diminati masyarakat.

ESMOD Jakarta juga telah diakui oleh Kemendikbudristek sebagai Politeknik Kreatif Indonesia dan institusi pendidikan vokasi D-4 dengan program studi fashion design dan creative business.

Tomorrow Fashion: ESMOD Jakarta Neo Designer Showcase

ESMOD Jakarta Neo Designer Showcase menampilkan karya-karya dari ESMOD Jakarta Graduates of 2023 yang menampilkan final collection project mereka.

Koleksi-koleksi tersebut hadir dengan tampilan inovatif dan mengacu pada tren masa depan yang ditampilkan oleh para lulusan ESMOD Jakarta.

WhatsApp Image 2024 08 02 at 22.58.31 scaled

Karya yang ditampilkan merupakan karya-karya mereka yang mencerminkan perkembangan mode masa depan, mulai dari ready-to-wear hingga new couture, yang terhubung dengan berbagai segmen pasar.

 

Bahan yang digunakan cukup beragam, mulai dari kain tradisional seperti tenun atau batik, hingga bahan-bahan sportswear seperti scuba, nylon, knitwear, dan technical fabric yang memiliki fungsi seperti cooling fiber ataupun anti-UV.

Selain itu, terdapat embellishment dan creative fabric yang menghadirkan beragam teknik dan keunikan dari karya-karya yang dibuat.

WhatsApp Image 2024 08 02 at 17.23.22 scaled

Mereka juga mengembangkan teknik pembuatan pola yang inovatif seperti zero waste atau one-cut pattern.

Karya-karya ini hadir dan erat kaitannya dengan peran teknologi dan desain konseptual, misalnya dengan penggunaan 3D printing hingga penggunaan media sosial sebagai media promosi serta pembuatan yang mempertimbangkan minat dan kebutuhan masyarakat.

 

 

Sementara itu, Nathalia Gunarian selaku Vice Director Academic menyampaikan, jika show pada JF3 ini, dikhususkan untuk para alumni ESMOD.

WhatsApp Image 2024 08 02 at 23.00.03 1 scaled

“Show pada JF3 yang diselenggarakan oleh ESMOD Jakarta untuk para alumni merupakan ajang yang tepat untuk mengembangkan portofolio mereka. Tema ‘Neo Designer’ ini mencerminkan komitmen kami dalam mendukung dan mempromosikan inovasi serta kreativitas dari para lulusan kami,” ungkap Nathalia.

Nathalia juga menjelaskan, ada ratusan busana yang hadir dalam show JF3 2024.

“Jadi emang ini kolaborasi JF3 2024 dengan durasi cukup panjang. Karena ini meragakan ratusan baju dengan ekstra model,” tutupnya.

ESMOD Jakarta Miliki 5 Spesialisasi di Program Sekolahnya

ESMOD Jakarta memiliki 5 spesialisasi di program sekolahnya, yaitu Women n Men swear, Kidswear, Women’s Modern Couture, Women’s Luxury Design, dan Lingerie.

WhatsApp Image 2024 08 02 at 22.59.37 1 scaled

 

 

“Disini Couture bukan kebaya atau sesuatu yang artistik untuk pakaian, namun kreatifitas murid yang segila mungkin,” imbuhnya.

Berikan Wawasan Bisnis ke Siswanya

ESMOD Jakarta juga memberikan bekal wawasan bisnis ke siswanya dengan berkembangnya fashion di Indonesia yang sangat pesat dan lifestyle menjadi hal yang utama.

“Perkembangan fashion secara otomasis akan merambah ke fashion bisnis, di mana kini produk lokal dan luar negeri terutama anak muda sekarang yang pro lokal,” lanjutnya.

Diketahui alam 10 tahun terakhir terlihat dan bagaimana kerjasama ESMOD Jakarta dengan UKMK dalam  kolaborasi dengan prakteknya di 2 hingga 3 tahun terakhir.

“Mereka kasih contoh dan kita bantu develop. Biasanya UMKM punya produk tapi belum mantap untuk jahit dan biasanya kerjasama dengan ESMOD,” tandasnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor
Nadia Lisa Rahman
Reporter