Infotangerang.id- Viral di media sosial jemaah Masjid Agung Ciamis tengah zikir menggunakan penutup kepala merah putih, mirip pasukan santa claus.

Salah satu cuitan netizen ada yang mengatakan ‘kok jadi mirip pasukan santa claus’.

Awalnya, video yang diunggah oleh akun @irmamomsaqil itu memperlihatkan jemaah perempuan memakai mukena dan tambahan ciput merah putih di kepalanya.

Setelah viral itu, justru banyak netizen yang malah fokus pada penutup kepala yang dikenakan jemaah perempuan.

Penjelasan Ketua DKM Masjid Agung Ciamis

Menanggapi hal itu, Ketua DKM Masjid Agung Ciamis, Wawan S Arifien mengatakan kegiatan itu dilakukan oleh Pondok Pesantren Sirnarasa Panjalu, pimpinan Mama H. Aos.

“Itu kerjasama dengan Pemda dalam rangka hari jadi Kabupaten Ciamis, kegiatannya dzikir Akbar dalam rangka hari jadi Kabupaten Ciamis bulan Juni kemarin yang dilaksanakan di Masjid Agung,” ungkapnya.

Jadi pihak DKM hanya memfasilitasi tempat, sebab jemaah yang lain juga sering mengadakan kegiatan dzikir di Masjid Agung Ciamis.

Ciput Seperti Santa Claus Fatwa dari Mama Aos, Pimpinan Ponpes Sirnarasa Panjalu

“Yang jadi permasalahan yang berhubungan dengan pakaian atau kostum penutup kepala merah putih terutama yang digunakan oleh ibu-ibu. Setelah viral, lalu saya coba konfirmasi terkait warna merah putih itu simbol bendera, lalu kalau bentuk ciput seperti santa claus itu katanya sudah fatwa daripada Mama Aos,” jelasnya.

Mengenai fatwa itu, Wawan mengaku pihaknya tidak bisa terlalu dalam juga memberi penjelasan, namun untuk agenda manaqibnya setiap bulan rutin dilakukan di Masjid Agung Ciamis.

“Setiap bulan juga ada manaqiban, tapi tidak memakai kostum itu. Hanya pada saat kegiatan hari jadi memakai kostum itu,” imbuhnya.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor