Infotangerang.id- Walaupun tak diusung partainya, Airin Rachmi Diany bersama kader mocong putih Ade Sumardi resmi diusung PDI Perjuangan untuk maju pada Pilgub Banten 2024.

Bahkan, Airin mengaku masih menjadi bagian dari kader Partai Golkar.

“Saya masih kader Golkar, bagi saya politik adalah tools untuk memberikan kemaslahatan bagi masyarakat dan saya punya prinsip,” ujar mantan Wali Kota dua periode di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Minggu 25 Agustus 2024.

Lanjut Airin, sejak dua tahun lalu ia telah mendapat surat penugasan yang dikeluarkan oleh Airlangga Hartarto sebagai ketua umum Partai Golkar saat itu untuk maju dalam Pilgub Banten 2024.

“Saya sudah menjalani semua tugas seperti maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Golkar untuk DPR RI dan meraih suara tertinggi di daerah pemilihan Banten III,” ungkap Puteri Indonesia Favorit, dan Puteri Indonesia Pariwisata Tahun 1996 ini.

Dengan terjadinya dinamika politik seperti saat ini, ia sangat memahaminya atas sikap DPP Golkar di bawah kepemimpinan Bahlil Lahadalia yang tak mendukung pencalonannya pada Pilkada 2024.

“Segala kekurangan atas surat penugasan untuk cari pasangan calon wakil sudah dilakukan. Dan saya dapat pak Ade serta SK sudah keluar pada saat zaman pak Airlangga,” jelasnya.

Sosok Airin Rachmi Diany

Airin Rachmi Diany merupakan Mantan Wali Kota Tangsel yang pernah menjabat pada tahun 2011-2016 dan 2016-2021.

Ibu dua anak in dipercaya sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2016-2020 lalu

Airin merupakan Anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 dengan raihan suara tertinggi di Dapil Banten III yang wilayahnya Tangerang Raya.

Perempuan kelahiran Banjar, 28 Agustus 1976 ini merupakan sarjana hukum dari Universitas Parahyangan, Bandung.

Dan meraih gelar magister bidang hukum dari Universitas Padjadjaran tahun 2005 serta gelar doktor dari universitas yang sama pada tahun 2023.

Screenshot 2024 08 26 072459

Di masa muda, Airin pernah menjadi pemenang Mojang Parahyangan Bandung dan Mojang Provinsi Jawa Barat.

Ia juga mengikuti pemilihan Puteri Indonesia dan meraih gelar Puteri Indonesia Favorit, dan Puteri Indonesia Pariwisata.

Selama menjabat sebagai Walikota Tangsel, Airin telah menorehkan banyak prestasi baik untuk dirinya dan pemerintah.

Airin juga mendapatkan dua Satya lencana yang disematkan langsung oleh Presiden RI, yakni Satya lencana pembangunan koperasi dan Satya Lencana wirakarya.

Airin pun mendapat Kartini Award karena dinilai sebagai pemimpin perempuan yang sukses. Dirinya juga dinobatkan sebagai Kepala Daerah paling inovatif (KDI) dan masih banyak capaian yang telah diraih.

Airin Rachmi Diany kini dipercaya sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Taekwondo Banten, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Tangsel, dan pembina bagi banyak organisasi kemasyarakatan dan kemanusiaan.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor