Infotangerang.id- Baru-baru ini beredar video viral yang memperlihatkan Snack Atlet PON 2024 berisi santan dan Roti.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo buka suara soal video viral snack yang berisi santan dan roti untuk para atlet PON XXI di Aceh-Sumatera Utara.

“Makanan itu merupakan tanggung jawab daerah melalui APBD. Tapi selalu saya bilang di media, saat ini pengelolaan PON ini saya tidak mau mendikotomi mana tanggung jawab daerah, mana tanggung jawab pusat. Pokoknya semua tanggung jawab Menpora. Kita pasang badan saja, nah ini kita selalu cepat tanggap,” ujar Dito, Selasa, 17 September.

Menpora Pastikan Snack Berisi Santan dan Roti Hanya Candaan Oknum

“Dan memang harus saya jelaskan juga, contoh yang terfaktual adanya viralnya snack itu dikasih roti dan susu diganti santan, itu bisa kami pastikan itu adalah hoaks dan becandaan oknum,” sambungnya.

Setelah Kemenpora melakukan investigasi, kata Dito, akun-akun yang mengunggah video terkait snack dan makanan untuk atlet PON sudah dinonaktifkan.

“Setelah kita kejar, kita investigasi, langsung akun-akunya dimatiin dan sudah di-takedown,” ungkap Dito.

Menpora Minta Masyarakat Cermat Menangkap Informasi di Media Sosial

Khususnya terkait penyelenggaraan PON XXI ini.

“Jadi memang banyak sekali informasi yang kadang ada fakta tapi kadang ditambahin hoaks juga. Jadi ini kita harus benr-benar memilah mana yang benar mana yang tidak,” kata Dito.

Sebelumnya, viral video yang merekam paket snack malam yang disiapkan untuk atlet Judoka di PON Aceh. Pasalnya, ada santan kemasan dalam paket snack malam yang dibagikan oleh panitia kepada atlet.

Video tersebut awalnya dibagikan oleh akun TikTok @detooo60 dan diunggah ulang oleh akun Instagram @fakta.jakarta hingga menuai sorotan netizen.

Terlihat seorang atlet memperlihatkan kotak berwarna putih bertuliskan snack malam.

“Beberapa atlet Judoka yang berlaga di PON XXI di Gelanggang Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, mengeluhkan fasilitas makanan yang disediakan panitia.” tulis akun Instagram @fakta.jakarta dalam keterangan unggahannya.

Saat dibuka, paket snack malam tersebut hanya berisikan roti dan santan kemasan. Adanya santan kemasan yang disertakan sebagai minuman untuk atlet dalam paket snack malam tersebut dinilai tidak lazim.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor