Infotangerang.id- Prosesi Gotong Toapekong 2024 Tangerang berhasil memukau sekitar 35 ribu penonton yang memadati rute arak-arakan, Kota Tangerang pada Sabtu, 21 September 2024.

Acara tahun ini tidak hanya menampilkan tradisi arak-arakan patung Toapekong, dewa pelindung yang dihormati dalam kepercayaan Tionghoa, tetapi juga menghadirkan berbagai penampilan seni yang mencerminkan keberagaman budaya di Indonesia.

Tampak penampilan dari Gendang Budha dari Sekolah Tinggi Agama Budha Sriwijaya dalam Gelaran Gotong Toapekong 2024 Tangerang.

Alunan gendang yang khas mengiringi arak-arakan dengan ritme penuh semangat, menciptakan suasana khidmat dan meriah di sepanjang rute prosesi.

Ada pula penampilan tarian dari Liong Shay Vihara Suasa Subasthian mempersembahkan gerakan dinamis naga yang dipadukan dengan harmoni musik tradisional, menutup prosesi dengan penuh kegembiraan.

Kehadiran Reog Ponorogo dari Jawa Timur juga membawa warna tersendiri dalam prosesi Gotong Toapekong tahun ini.

Kesenian tradisional yang dikenal dengan tarian topeng dan kostum singa barong ini tampil gagah di tengah kerumunan memperlihatkan perpaduan budaya lokal dan tradisi Tionghoa dalam satu panggung yang harmonis.

Rute Gotong Toapekong 2024 Tangerang

Rute Gotong Toapekong 2024 ini dimulai dari Klenteng Boen Tek Bio, yang merupakan Klenteng tertua di Kota Tangerang.

Lalu tiga Joli Yang Maha Suci diarak ke Jl. Bhakti (Pasar Lama), sekaligus dilaksanakan prosesi pembukaan.

Selanjutnya, rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Jl. Kalipasir Jaya, dan terus melintasi Jl. Kalipasir Jaya.

Setelahnya prosesi akan bergerak menuju Jl. A. Dimyati, yang dikenal dengan suasana yang ramai dan banyak aktivitas perdagangan.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke Jl. MT. Haryono dan berlanjut ke Jl. Kisamaun.

Akhirnya, perjalanan akan kembali ke Jl. Bhakti (Pasar Lama) dan kembali ke Klenteng Boen Tek Bio.

Prosesi Gotong Toapekong 2024 ini tidak hanya menjadi ajang perayaan agama dan budaya Tionghoa, tetapi juga menunjukkan indahnya keragaman budaya Indonesia.

Semua penampilan, dari seni tradisional hingga kesenian modern, berpadu dalam satu acara yang mengedepankan nilai-nilai persatuan dan gotong royong.

Acara ini kembali membuktikan bahwa Tangerang adalah kota yang kaya akan warisan budaya, dan melalui Prosesi Gotong Toapekong, harmoni antarbudaya terus terjaga dan dipertahankan untuk generasi mendatang.

Baca berita lainnya di Infotangerang dan Tangselife

 

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor
Iis Suryani
Reporter