Infotangerang.id- Penyakit duduk atau sitting disease menjadi salah satu penyebab penyakit jantung pada usia muda.

Sitting Disease merupakan istilah untuk menggambarkan kondisi yang terjadi akibat terlalu banyak duduk dan kurangnya aktivitas fisik. Hingga menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk pembekuan darah, kesemutan dan pembengkakan di pergelangan kaki, varises, diabetes dan serangan jantung.

“Kondisi duduk terlalu lama ini menjadi penyebab penyakit jantung pada usia muda, bahkan lebih besar dibandingkan merokok, darah tinggi, kencing manis atau keturunannya yang merambah ke anak muda,” ujar Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Siloam Hospital Lippo Village (SHLV), dr Antonia Anna Lukito kepada Infotangerang.id dalam Heart to Heart Gathering to Unite Heart and Build Memories di SHLV pada Kamis, 26 September 2024.

Ice Breaking dalam gelaran Heart to Heart Gathering to Unite Heart and Build Memories di SHLV, Kamis 26 September 2024.
Ice Breaking dalam gelaran Heart to Heart Gathering to Unite Heart and Build Memories di SHLV, Kamis 26 September 2024.

Mengapa kini penyakit jantung bukan hanya milik orang tua, tapi juga anak muda?

dr. Antonia menjelaskan, modernisasi dan jenis makanan yang semakin banyak, tidak sehat dan kemasan yang menarik menjadi penyebab penyakit jantung pada usia muda.

“Ya, trennya memang menuju ke usia muda. Alangkah baiknya orangtua membiasakan hidup sehat, dengan makanan sehat,” jelasnya.

Saat ini di usia 35 tahun, banyak orang terkena stroke dan penyakit jantung karena kelamaan duduk.

Terlebih era ‘gadget minded’ dengan ‘screen time’ dan hingga jarang olahraga. Berbeda dengan orang tua yang masih suka outdoor.

“Anak muda wajib perhatikan sitting disease yang semua aktifitasnya dilakukan melalui komputer atau gadget,” tegasnya.

Dalam gelaran Heart to Heart Gathering to Unite Heart and Build Memories, terlihat tim Medical Rehabilitation memimpin Ice Breaking kepada para 45 peserta yang merupakan pasien SHLV yang pernah menjalani operasi jantung.

Ice Breaking saat sedang bekerja atau aktifitas duduk, sebagai upaya mencegah dampak negatif dari penyakit jantung pada usia muda.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Nadia Lisa Rahman
Editor
Nadia Lisa Rahman
Reporter