INFOTANGERANG.IDHari Kesaktian Pancasila selalu diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya.

Hal tersebut juga telah ditetapkan dalam Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila ini berkaitan juga dengan salah satu peristiwa bersejarah yang pernah terjadi bagi bangsa Indoneisa.

Sebagai momen penting bagi bangsa Indonesia, Kesaktian Pancasila ini berkaitan dengan peristiwa Geran 30 September (G30S PKI) yang pernah terjadu pada tahun 1965.

Pada tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila telah memasuki peringatan yang ke-59 pada tahun 2024 ini.

Seperti pada perayaan setiap tahunnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga mengusung logo dan tema yang berbeda.

Informasi mengenai tema dan logo, serta sejarah Hari Kesaktian Pancasila adalah sebagai berikut.

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 2024

Adanya Hari Kesaktian Pancasila ini memiliki hubungan yang erat dengan peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September (G30S PKI).

Malansir dari jurnal Institut Agama Islam Negeri Metro berjudul “Kesaktian Pancasila dalam Membangun Kesadaran dan Keamanan Bangsa Indonesia,” disebutkan bahwa pemberontakan ini merupakan upaya untuk menggantikan Pancasila dengan ideologi komunis.

Pada waktu itu, enam jenderal dan beberapa orang lainnya dibunuh dalam usaha kudeta terhadap presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Namun, berkat kesadaran untuk mempertahankan Pancasila, upaya tersebut gagal.

Sebagai akibat dari aksi G30S/PKI, tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Penetapan ini dianggap sebagai bukti bahwa kegagalan PKI menunjukkan bahwa Pancasila tidak dapat digantikan oleh ideologi lainnya.

Menurut laman resmi Kota Jogja, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat pada 17 September 1966 (Kep 977/9/1966).

Pada awalnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini hanya diadakan oleh TNI Angkatan Darat.

Kemudian, pada 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian mengusulkan agar seluruh jajaran Angkatan Bersenjata turut memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Dalam surat keputusan yang dikeluarkan pada 29 September 1966, Jenderal Soeharto sebagai Menteri menetapkan bahwa hari tersebut diperingati oleh seluruh Angkatan Bersenjata.

Akhirnya, pada tahun 1967, ketika Soeharto menjadi presiden kedua Indonesia, ia mengeluarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 153 tahun 1967 yang menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan ini berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia.

Tema Hari Kesaktian Pancasila 2024

Tema untuk Hari Kesaktian Pancasila pada tahun 2024 ini adalah “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”.

Hal tersebut sesuai dengan Surar Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RO Nomor 23224/MPK,F/TU.02.03/2024 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024.

Biasanya masyarakat akan melakukan upacara bendera setiap tahunnya dalam rangka memperingatinya.

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila akan diselenggarakan pada Selasa, 1 Oktober 2024.

Sementara untuk upacara peringatannya akan digelar pada pukul 08.008.31 di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara peringatan ini juga di tingkat pusat, daerah, kantor perwakilan RI di luar negeri, serta satuan pendidikan.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Iis Suryani
Reporter