INFOTANGERANG.ID– Pondok Pesantren di Tangerang banyak yang telah lama berdiri dan masih eksis hingga sekarang.

Bahkan beberapa diantaranya masuk ke dalam pesantren bersejarah di wilayah Tangerang.

Berdasarkan data Statistik tahun 2024 dari Kementerian Agama Kabupaten Tangerag, jumlah Pondok pesantren di Tangerang berjumlah sekitar 250 pondok pesantren.

7 Rekomendasi Pondok Pesantren di Tangerang Terbaik

Tangerang memiiki banyak lembaga pendidikan non formal seperti pondok pensantren yang telah tersebar di seluruh wilayah Tangerang.

Mulai dari Pondok pesantren tradisional, modern, dan kombinasi.

Namun kebanyakan Pondok pesantren di Tangerang menerapkan sistem pendidikan modern, karena tidak hanya mengajarkan pendidikan agama Islam, tetapi juga memngajarkan pendidikan umum.

Bahkan beberapa diantaranya memiliki fasilitas penunjang seperti laboratorium untuk IPA dan bahasa, Perpustakaan, dan lain sebagainya.

Melansir dari Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, berikut ini rekomendasi pondok pesantren di Tangerang terbaik, berdasarkan evaluasi dari reputasi di lingkungan pendidikan Islam, partisipasi dalam kompetisi agama seperti MTQ, pengajaran formal (SMP-SMA), serta testimoni orang tua dan alumni.

1. Pondok Pesantren Darul Hasan

pondok pesantren di Tangerang

Pondok Pesantren Darul Hasan didirikan oleh KH Tadjuddin Hassan, Drs H Sufyan Hariri M.Pd, dan H Muhammad Nur pada tahun 1998, di daerah Cipondoh.

Pondok pesantren ini dikenal sebagai salah satu pesantren di Tangerang yang memiliki fasilitas literasi yang baik, karena dilengkapi dengan fasilitas perpustakaan yang cukup bagus dan memadai.

Darul Hasan ini memiliki jenjang pendidikan dari mulai tingkat SD hingga SMA, dan semua jenjang pendidikan tersebut sudha terakreditasi A yang menandakan kualitas pendidikan yang terpercaya.

Pesantren ini menggunakan kurikulum dengan metode penggabungan sekolah formal dan pesantren.

Hal tersebut tentu memungkinkan para santri memperoleh pendidikan yang seimbang antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama.

Selain itu, Darul Hasan juga aktif dalam berbagai kegiatan dakwah dan pengembangan karakter santri.

Biaya untuk masuk ke Pondo Pesantren ini juga cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 120.000.

Pondok Pesantren ini berlokasi di Jl. Irigasi Sipon, Cipondoh Makmur, Kecamatan Cipondoh, Tangerang.

2. Pesantren Modern Daar El-Qolam

pondok pesantren di Tangerang 1
Pesantren Modern Daar El-Qolam

Pondok Pesantren Modern Daar El-Qolam selain terbaik di Tangerangm juga sudah terkenal di Indonesia.

Pesantren ini didirakan pada tanggal 20 Januari 1968 yang digagas oleh Haji Qasad Mansyur dan direalisasikan oleh Drs. K.H. Ahmad Rifai Arief.

Pesantren Modern Daar El-Qolam didirikanan dengan menggabungkan pendidikan agama Islam tradisional dan pembelajaran modern.

Pesantren ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan oendidikan yang memadukan nilai-nilai keislaman dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pesantren ini memiliki kurikulum yang holistik, mencangkup pendidikan agama Islam, ilmu pengatahuan umum, serta pelatihan keterampilan.

Pesantren Modern Daar El-Qolam menekankan pembelajaran Al-Quran, hadis, fiqh, akhlak, sains, matematika, bahasa, dan studi sosial.

Pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, termasuk asrama untuk santri, ruang kelas, laboratorium komputer.

Selain itu ada juga perpustakaan, lapangan olahraga, dan fasilitas pendukung lainnya.

Jika tertarik untuk menyekolahkan buah hari ke pesantren ini, maka bersiap dengan biaya yang harus ditanggung berupa biaya pangkal, biaya perlengkapan dan SPP.

Untuk uang pangkal dan biaya perlengkapan sendiri berkisar Rp 20 juta. Sementara SPP nya berkisar Rp 1 jutaan.

Pondok pesantren ini berlokasi di Jl. Raya Serang, Pasir Gintung, Kec. Jayanti, Tangerang.

3. Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Quran

pondok pesantren di Tangerang 2

Pondok Tahfidz Daarul Quran merupakan pesantren yang mengintegrasikan 3 kurikulum, yakni kurikulum pendidikan formal, kurikulum berbasis agama, dan kurikulum kewirausahaan.

Pendekatan ini memungkinkan para santri untuk memperoleh pengetahuan yang luas, tidak hanya dalam bidang agama tetapi juga dalam entrepreneurship.

Tahfidz Daarul Quran tidak hanya terbaik di Tangerang atau Indonesia, melainkan sudah termasuk terbaik di dunia.

Pondok pesantren ini pada tahun 2015 bahkan mendapatkan penghargaan sebagai lembaga tahfidz terbaik di dunia oleh Lembaga Tahfidz Internasional.

Untuk mendaftar di pesantren ini, calon santri perlu membayar biaya pangkal sebesar Rp13 juta.

Selain itu, biaya SPP bulanan berkisar sekitar Rp1,5 juta.
Pesantren ini terletak di Jalan Ketapang Pondok No.35, Ketapang, Kec. Cipondoh, Tangerang, Banten.

4. Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman

pondok pesantren di Tangerang 3

Pesantren ini didirikan pada tahun 2001 dan dikenal sebagai pondok pesantren yang mengintegrasikan kurikulum pendidikan formal modern dengan pengajaran agama yang mendalam.

Pesantren ini berkomitmen untuk menghasilkan generasi mukmin yang memiliki intelektualitas holistik.

Untuk bergabung dan menuntut ilmu di pesantren ini, biaya yang diperlukan mulai dari Rp 6 jutaan.

Lokasi Pondok Pesantren Mumtaz Ibadurrahman berada di Gg. Masjid, Kenanga, Kec. Cipondoh, Tangerang, Banten.

5. Darul Ulum

pondok pesantren di Tangerang 4

Pondok Pesantren Darul Ulum juga masuk ke dalam pondok pesantren terbaik di Tangerang yang didirikan pada tahun 1983.

Tujuan utama pesantren ini adalah untuk menyiapkan kader-kader pemimpin masyarakat yang berkualitas, berakhlak baik, sehat secara fisik, serta memiliki kepribadian dan wawasan yang luas.

Sebagai salah satu pesantren di Tangerang, Darul Ulum menggabungkan kurikulum modern dengan pendidikan agama, mirip dengan sistem pesantren modern lainnya.

Melalui pendekatan ini, pesantren ini menawarkan berbagai ekstrakurikuler yang menarik bagi santri, seperti pramuka, silat, hadroh, paskibra, dan fotografi.

Biaya pendidikan di Darul Ulum berkisar mulai dari Rp 6 jutaan.

Lokasi Pondok Pesantren Darul Ulum terletak di Jalan Marsekal Surya Darma, Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Tangerang, Banten.

6. Pondok Pesantren Modern Daarul Muttaqien Tangerang

pondok pesantren di Tangerang 5

Ponpes Pesantren Modern Daarul Muttaqien Tangerang memiliki kurikulum yang tetap mempertahankan nilai-nilai klasik yang baik sambil mengakomodasi nilai-nilai modern yang lebih baik.

Dalam pengajarannya, pendidikan agama dan formal dilakukan secara seimbang.

Sehingga dapat menghasilkan santri yang memiliki ilmu serta wawasan yang luas, baik dalam aspek agama maupun pengetahuan umum.

Di Ponpes ini, terdapat dua jenjang pendidikan yang dapat ditempuh oleh anak, yaitu jenjang SMP dan SMA.

Selain pendidikan yang seimbang, Ponpes Daarul Muttaqien juga menawarkan berbagai kegiatan menarik yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan karakter para santri.

Biaya pendidikan ini berkisar dari mulai Rp 1.350.000.

Ponpes Daarul Mttaqien Tangerang berlokasi di Jl. Raya Mauk Jl. Raya Cadas, Karet, Kec. Sepatan, Tangerang.

7. Pondok Pesantren An-Nuqtah

pondok pesantren di Tangerang 6

Meskipun tergolong baru, didirikan pada tahun 2009, Pondok pesantren An Nuqthah telah dikenal luas karena berhasil menghasilkan banyak santri berkualitas.

Pesantren ini tidak hanya mengutamakan pendidikan berbasis agama, tetapi juga menerapkan sistem pendidikan yang mengedepankan pengetahuan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ.

Pendidikan utama di Pondok pesantre ini didasarkan pada lima panca pondok: keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah Islamiyah, dan kebebasan.

Di pondook pesantren ini juga menyediakan beberapa jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, hingga SMK, sehingga orang tua dapat memilih sesuai dengan usia anak yang akan didaftarkan sebagai santri.

Untuk biaya pendaftaran, ponpes ini menawarkan tarif bersih sekitar Rp 2 juta.

Pesantren An-Nuqtah berlokasi di Jl. Rasuna Said Jl. H. Ismail, Cipete, Kec. Pinang, Kota Tangerang.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow