INFOTANGERANG.IDPemain catur asal Kabupaten Tangerang, Jonathan Anthony (23) berhasil keluar sebagai juara pertama dalam ajang pertandingan 2nd The Rooky International Open 2024 di Bangkok, Thailand.

Anthony bertanding di kategori catur standar tersebut dan berhasil mengungguli 24 pecatur lainnya dari mancanegra.

Jonathan Anthony berhasil memenangkan pertandingan yang berlangsung pada Sabtu, 19 Oktober dan berakhir pada Rabu malam, 23 Oktober di Hollywood Club Bangkok.

Lalu seperti apa sosok Jonathan Anthony tersebut? Berikut profilnya.

Profil Jonathan Anthony Atlet Catur

Melansir dari laman berbagai sumber, Anthony merupakan alumni dari Universitas Indonesia jurusan Aktuaria, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam tahun 2023.

Ia merupakan alumnus SMP dan SMA Penabur Gading Serpong, dan sering berkompetisi di kategori catur standar.

Anthony juga pernah berhasil meraih Medali Emas Catur dalam Ajang UI Battlegrounds 2022.

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh BEM FMIPA UI (@bemfmipaui)

Pada ajang The Rooky International Open, Anthony berhasil mengalahkan 24 pecatur lainnya.

Dalam sembilan babak yang dilaluinya, dia berhasil meraih enam kemenangan, dua kali imbang, dan hanya sekali mengalami kekalahan.

Sebelumnya, Anthony sudah mengikuti tiga turnamen internasional di dalam negeri.

“Hasil turnamen ini sangat membanggakan karena ini pertandingan pertama saya di luar negeri dan langsung meraih kemenangan,” ungkap pemuda berusia 23 tahun tersebut ketika diwawancarai wartawan melalui sambungan telepon, Kamis, 24 Oktober 2024.

Namun, kali ini terasa istimewa baginya karena lawan-lawan yang dihadapi berasal dari berbagai negara di Asia, Amerika, dan Eropa serta memiliki gelar prestisius seperti Candidate Master (CM), FIDE Master (FM), dan Woman Grand Master (WGM).

“Keikutsertaan saya dalam turnamen ini untuk mendapatkan pengalaman di turnemen internasional di luar negeri, saya mempersiapkan diri secara serius, dan hasilnya sesuai dengan harapan,” katanya.

Ketua Percasi Kabupaten Tangerang, Hendra, mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi atlet muda daerah yang berhasil membawa hasil positif bagi para atlet Indonesia.

“Sebanyak 25 atlet dari 24 negara, termasuk Australia, Austria, Kanada, China, dan lainnya, ikut serta dalam turnamen ini. Keberhasilan Anthony akan menjadi inspirasi bagi para pecatur muda kami untuk terus berlatih dan mencapai prestasi,” ujarnya.

Dapatkan Berita Terbaru lainya dengan Mengikuti Google News Infotangerang
sosmed-whatsapp-green Follow WhatsApp Channel Infotangerang
Follow
Iis Suryani
Editor
Iis Suryani
Reporter