INFOTANGERANG.ID– Sebagai upaya menghadapi peningkatan trafik penumpang Libur Nataru 2024/2025, Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mengerahkan 15.939 personel di 37 bandara yang dikelolanya.
Direktur Operasi PT Angkasa Pura Indonesia, Wendo Asrul Rose mendukung pelayanan periode Natal dan Tahun baru tersebut disiapkan dari sisi SDM dan semua peralatan.
“Seluruh bandara yang dikelola Angkasa Pura ada 37 bandara. Semua standby beroperasi selama 24 jam, dan kalau dilihat di sini jam operasi kita ada bandara yang 24 jam, ada juga 19 jam. Namun tidak menutup kemungkinan kita ada bandara yang diperpanjang jam operasionalnya,” ungkap Rose.
Angkasa Pura Turunkan 15.939 Personel dan Operasikan Sejumlah Posko
Sari sisi kesiapan SDM, pihaknya mengerahkan sebanyak 15.939 personel baik dari internal maupun eksternal di 37 bandara yang dikelolanya tersebut.
Jumlah personel yang dikerahkan ini meningkat bila dibandingkan dengan kondisi pengamanan dan pelayanan pada periode Natal dan tahun baru sebelumnya.
“Personel kita total akan diturunkan 15.939 orang ini menjadi cukup besar, karena sebagian menangani 37 bandara di seluruh Indonesia,” ungkapnya.
Selain itu, lanjutnya, InJourney Airports akan mengoperasikan sejumlah posko terpadu pengamanan dan pelayanan bagi penumpang libur Natal dan tahun baru yang dimulai dari tanggal 18 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
“Seluruh fasilitas yang terkait keselamatan keamanan, semua beroperasi berfungsi sesuai dengan ketentuan kemudian teman-teman juga memastikan bahwa seluruh proses layanan sesuai dengan SOP yang sudah ditetapkan,” katanya.
Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Beroperasi 24 Jam
Selain Bandara Soetta yang dioperasikan 24 jam, ada juga Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali.
“Seluruh operator penerbangan dan seluruh pemangku kepentingan juga sudah kita sampaikan dan untuk seluruh bandara yang kita kelola kita siapkan,” tuturnya.
Angkasa Pura Persiapkan Berbagai Aspek, diantaranya:
- Fasilitas keselamatan, keamanan dan pelayanan telah menjadi fokus utama, termasuk penebalan personel operasional.
- Dari sisi udara, optimalisasi slot time penerbangan dilakukan untuk memastikan arus pesawat di bandara berjalan lancar selama periode puncak, seperti area parkir pesawat/parking stand, Aviobridge, & Runway terus dipantau dan ditingkatkan demi menjaga kelancaran pergerakan pesawat.
- Sisi landside atau curbside, dipastikan siap dari berbagai fasilitas pendukung, termasuk kelancaran arus penumpang di area kedatangan dan keberangkatan, perubahan wajah terminal dengan beuatifikasi, pemeliharaan fasilitas umum, serta peningkatan layanan di terminal untuk menjamin kenyamanan seluruh pengguna jasa bandara.
“Jadi di setiap bandara ini sudah disiapkan posko monitoring, disiapkan juga jadwal piket baik itu dari sisi internal Angkasa Pura maupun teman-teman ‘stakeholder’ yang terlibat di dalam pelayanan,” tandasnya.