Aktifitas Awan Monsun Meningkat, BMKG Prediksi Bakal Terjadi Cuaca Ekstrem Selama Sepekan

Ilustrasi Cuaca Buruk (dok infotangerang)

Infotangerang.id – BMKG memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem, hujan lebat, angin kencang dan hawa dingin sepekan ke depan sekaligus berpotensi sebabkan bencana alam.

Dalam siaran persnya, BMKG mewaspadai cuaca ekstrim di wilayah Banten sepekan ke depan terhitung 26 Desember 2022- 01 Januari 2023.

Sedangkan pada analisis atmosfer, terdapat adanya peningkatan aktifitas awan Monsun Asia yang disertai seruakan dingin, pembentukan pusat tekanan rendah di Selatan Indonesia, terpantaunya aktifitas gelombang atmosfer, suhu muka laut hangat serta adanya daerah belokan angin dan daerah pertemuan angin di wilayah Banten. Kondisi tersebut dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan yang signifikan.

“Berdasarkan analisis di atas, wilayah Banten tujuh hari ke depan masih berpotensi terjadi hingga hujan lebat yang disertai kilatan petir dan angin kencang di Lebak, Pandeglang, Serang bagian Barat dan wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan,” kata Kepala Balai Besar MKG Wilayah II Hartanto dalam rilisnya, Selasa (27/12/2022).

“Kondisi tersebut perlu diwaspadai meningkatnya potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang,” sambung Hartanto.

Tak hanya itu, kondisi tersebut juga berpotensi memicu peningkatan gelombang di perairan Selat Sunda. Gelombang berpotensi alami ketinggian dari 1,5 meter hingga 4 meter.

Dengan potensi cuaca esktrem tersebut, masyarakat diminta waspada dan melakukan upaya antisipasi seperti tidak membuang sampah sembarang, bersihkan saluran sungai, hindari tanah yang rawan longsor, serta waspada terhadap bencana alam. (VYH/ASN)